Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Mengerjakan Skripsi Tanpa Beban

Skripsi sudah menjadi suatu hal yang wajib ditulis oleh mahasiswa sebelum menyelesaikan pendidikan menempuh gelar sarjana. Permasalahannya adalah, skripsi menjadi momok yang menakutkan bagi banyak mahasiswa tingkat akhir. Banyak yang mengatakan skripsi itu sulit, capek, malas dan masih banyak lagi. Sebetulnya skripsi tidak akan menyusahkan, menakutkan  dan capek jika kamu punya trik-trik tertentu dan tentunya memiliki tekad yang yang kuat melnyelesaikannya. Ingin mengerjakan skripsi tapi tidak merasa terbebani? Yuk, kita lihat beberapa tips di bawah ini agar kamu cepat lulus!





Buat Target Berapa Lama Setiap BAB Skripsi Kamu Harus Selesai

Menentukan target sangat penting agar kamu tahu kapan skripsimu akan selesai. Misalnya BAB 1 kamu harus diselesaikan dalam jangka waktu 2 minggu. Dengan melakukan ini setidaknya kamu sudah merencanakan waktumu dan jangan pernah memberi excuse pada dirimu sendiri. Jangan sampai kamu menyelesaikan BAB 1 berbulan-bulan.


Pastikan Harus Ada Progress Setiap Minggu nya

Ini adalah tips yang penting agar kamu tidak bermalas-malasan saat mengerjakan skripsi. Jangan menunggu target bulanan saja, tapi pastikan kamu memiliki sesuatu yang harus ditulis setiap minggunya atau bahkan setiap harinya. Ingat, lebih cepat akan lebih baik.


Luangkan Waktu Setiap Harinya Untuk Mengerjakan Skripsi

Rata-rata di semester akhir, jadwal kuliah sudah tidak sepadat dulu. Jadi, banyak waktu luang yang bisa kamu gunakan untuk mengerjakan skripsi. Bisa dengan membaca buku, melihat research terdahulu yang sama, atau hal lain yang berkaitan dengan skripsimu. Kamu bisa mencari sumber-sumber bahan penelitian di beberapa library ini: Google Scholar, Library Genesis, Microsoft Academic, Eureka Pendidikan, Academia, Research Gate, dan OAPEN library. Apabila kamu tidak bisa mendownload file yang ada, asalkan file tersebut mempunyai DOI, kamu bisa menggunakan SCI-HUB untuk mendownloadnya. Salin saja DOI di kolom yang ada pada halaman SCI-HUB. Dengan begitu maka skripsimu akan mempunyai progress setiap harinya.


Berbagi dan Belajar Pengalaman Dengan Teman

Saat menyusun skripsi, biasanya kita akan berkeluh kesah ketika bertemu teman sejawat. Namun yang harus kamu lakukan adalah kamu harus menceritakan tentang progressmu selama mengerjakan skripsi, atau saling menyemangati dengan teman kamu. Berbagi cerita akan memamcumu untuk lebih cepat lagi dalam menyelesaikan skripsi. Terlebih lagi, jika ada salah satu temanmu yang sudah selesai. Kamu bisa bertanya padanya tentang cara ampuh untuk menyelesaikan skripsi.


Jangan Malu Bertanya dan Meminta Bimbingan Orang Lain

Mengerjakan skripsi dengan menanyakan kepada teman kamu yang sudah lulus adalah cara yang tepat. Kamu bisa menanyakan kakak tingkatmu, atau mungkin orang lain yang mempunyai penelitian yang sama denganmu. Mereka pasti akan menyarankan beberapa pilihan yang bisa kamu ambil untuk menyelesaikan skripsimu. Mungkin kamu bisa mendapatkan buku-buku yang mendukung penelitianmu. Yang pasti, jangan malu meminta bimbingan orang lain sehingga skripsimu akan selesai dengan cepat.


Rajin Bimbingan ke Dosen Pembimbing

Rutin melakukan bimbingan akan membantu saat mengerjakan skripsi. Mintalah waktu untuk berdiskusi dengan dosen pembimbingmu setidaknya 1 kali dalam seminggu. Tapi, satu hal yang harus kamu ingat, kalau soal bimbingan, kejarlah dosenmu dimanapun ia berada. Kemudian ingat jangan malas mengerjakan revisi dari dosen.


Jangan Suka Menunda-nunda dan Buang-buang Waktu

Ini yang selalu menjadi kebiasaan mahasiswa, suka membuang-buang waktu dengan kegiatan yang tidak bermanfaat. Akan lebih baik jika kamu fokus menyelesaikan skripsi dulu, setelah itu kamu bisa dengan bebas melakukan apapun yang kamu suka.

Post a Comment for "Tips Mengerjakan Skripsi Tanpa Beban"