Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Analisis Data Penelitian

Pengertian Analisis Data

Analisis data merupakan proses pengolahan data secara statistik yang sudah tersedia yang kemudian digunakan untuk menjawab rumusan masalah dalam penelitian. Dengan demikian, teknik analisis data dapat diartikan sebagai cara melaksanakan analisis terhadap data, dengan tujuan untuk menjawab rumusan masalah



Tujuan Analisis Data

  • Mendeskripsikan Data, biasanya data dideskripsikan dalam bentuk frekuensi, disajikan dalam bentuk tabel atau grafik sehingga karakteristik data mudah untuk dipahami.
  • Membuat indeks atau menarik kesimpulan tentang karakteristik populasi atau karakteristik populasi berdasarkan data yang diperoleh dari sample. Kesimpulan yang diambil ini biasanya dibuat berdasarkan dugaan atau estimasi dan pengujian hipotesis. Dalam statistika kegiatan membuat induksi atau menarik kesimpulan tentang karakteristik populasi dari sample masuk kedalam bahasan statistika inferensial.

Langkah-langkah dan Prosedur Analisis Data

  1. Tahap mengumpulkan data, berdasarkan sumbernya data bisa berupa data primer dan atau data skunder.
  2. Tahap editing, yaitu memeriksa kejelasan dan kelengkapan pengisian instrumen pengumpulan data
  3. Tahap koding, yaitu proses identifikasi dan klarifikasi dari setiap pertanyaan yang didapat dalam instrumen pengumpulan data menurut variabel-variabel yang diteliti.
  4. Tahap tabulasi data, yaitu mencatat atau entri data ke dalam tabel induk penelitian
  5. tahap pengujian kualitas data, yaitu pengujian validitas dan reliabilitas instrumen pengumpulan data
  6. Tahap mendeskrifsikan data, yaitu menyajikan data dalam bentuk tabel atau grafik, serta berbagai ukuran tendensi sentral, maupun ukuran dispersi, tujuannya memahami karakteristik sample data penelitian.
  7. Tahap pengujian hipotesis, yaitu tahap pengujian terhadap proposisi-proposisi yang dibuat apakah proposisi tersebut ditolak atau diterima, serta bermakna atau tidak. Atas dasar pengujian hipotesis inilah selanjutnya keputusan dibuat

Macam-macam Analisis Data

Berdasarkan teknik pengolahan data dibagi menjadi dua yaitu:
  1. Analisis Deskriptif, analisis ini berusaha untuk menggambarkan berbagai karakteristik data yang berasal dari suatu sample. Statsitik deskriptif seperti mean, median, modus, persentil dan desil dalam bentuk analisis angka maupun gambar. Dalam analisis deskriptif diolah pervariabel
  2. Analisis Inferensi, analisis ini membuat berbagai interperensi terhadap sekumpulan data yang berasal dari suatu sample. Tindakan interferensi tersebut seperti melakukan perkiraan, peramalan, pengambilan keputusan dari dua variabel atau lebih. Dalam analisis interferensi yang diolah adalah dua variabel atau lebih yang diadukan misalnya analisis hubungan, pengaruh, perbedaan antar variabel atau lebih.
Berdasarkan jumlah variabel yang diteliti
  1. Analisis Univariat, analisis ini merupakan analisis yang digunakan untuk menganalisis tiap variabel dari hasil penelitian. Analisis univariat berfungsi untuk meringkas kumpulan data hasil pengukuran sedemikuan rupa sehingga kumpulan data tersebut berubah jadi informasi yang berguna dan pengolahan datanya hanya satu variabel saja. yang temasuk kedalam analisis univariat ini adalah statistik deskriptif.
  2. Analisis Bivariat, analisis ini merupakan analisis yang digunakan lebih dari dua variabel. Analisis bivariate berfungsi untuk mengetahui hubungan antar variabel.
  3. Analisis Multivariate, analisis ini merupakan metode statistik yang memungkinkan kita melakukan penelitian terhadap lebih dari dua variabel secara bersamaan.

Post a Comment for "Analisis Data Penelitian"