Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memilih Pendekatan Dalam Penelitian

Pendekatan penelitian menunjukkan jenis atau tipe penelitian yang diambil dan dipandang dari segi tujuan, misalnya eksploratif, deskriptif, atau historis. Masih ada lagi pandangan dari subyek penelitiannya, misalnya populasi atau kasus. Penentuan pendekatan akan sangat menentukan variabel atau obyek penelitian yang akan diamati dan sekaligus menentukan subyek penelitian atau sumber data.




Jenis- Jenis Pendekatan

  1. Jenis pendekatan menurut teknik sampling, yaitu: (a) pendekatan populasi, (b) pendekatan sampel, dan (c) pendekatan kasus.
  2. Jenis pendekatan menurut timbulnya variabel adalah: (a) pendekatan non-eksperimen dan (b) pendekatan eksperimen.
  3. Jenis pendekatan menurut pola atau sifat penelitian non-eksperimen. Pendekatan jenis ini dibedakan atas: (a) penelitian kasus (case studies), (b) penelitian kausal komparatif, (c) penelitian komparasi, (d) penelitian historis, € penelitian filosofis. Tiga penelitian pertama dinamakan pula penelitian deskriptif.

Survey Sebagai Salah Satu Pendekatan

Studi Survey merupakan bagian dari studi deskriptif, meliputi: 
  1. School Survey yangbetujuan meningkatkan efisiensi dan efektivitas pendidikan.
  2. Job analysis yang bertujuan mengumpulkan informasi mengenai tugas-tugas umum dan tanggung jawab para karyawan, aktivitas khusus yang dibutuhkan, keterlibatan, dan fungsi anggota organisasi, kondisi kerjanya, serta fasilitas.
  3. Analisis dokumen; Istilah lain adalah analisis isi (content analysis), analisis aktivitas atau analisis informasi. 
  4. Public opinion survey; survey ini bertujuan mengetahui pendapat umum tentang suatu hal. 
  5. Community survey, survey ini disebut juga “social survey” atau “field survey”karena dalam survei, peneliti bertujuan untuk mencari informasi tentang aspek kehidupan secara luas dan mendalam.

Penelitian Penelusuran, Pendekatan yang Jarang Disentuh

Sebuah penelitian yang jarang digunakan ialah “penelitian penelusuran” atau tracer study. Kegiatan dalam penelitian ini adalah mengikuti jejak seseorang yang sudah pergi atau sesuatu yang sudah leewat waktu. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sebuah kegiatan yang berupa proses. 

Penelitian Tindakan

Penelitian tindakan adalah cara suatu kelompok atau seseorang dalam mengorganisasikan suatu kondisi sehingga mereka dapat mempelajari pengalaman mereka dan membuat pengalaman dapat diakses oleh orang lain. Penelitian tindakan merupakan pengembangan penelitian terpakai applied research, dalam hal iniciri-cirinya: 
  • Peneliti merupakan pemeran aktif dalam kegiatan pokok;
  • Peneliti adalah agen perubahan; 
  • Subyek atau obyek yang diteliti memperoleh manfaat dari tindakan yang diberikan secara terencana oleh peneliti.

Post a Comment for "Memilih Pendekatan Dalam Penelitian"