Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Karakteristik Penelitian yang Baik

Karakteristik Penelitian yang Baik. Penelitian ialah suatu prosedur yang dilakukan oleh manusia untuk memperoleh tanggapan dari suatu persoalan, fakta, maupun suatu pengkajian yang ingin dibuktikan secara objektif. Dikatakan secara objektif, karena prosedur dalam penelitian memakai program ilmiah, kompetitif, tidak berbeda dengan fakta yang ada dan telah dibuktikan secara empiris dan telah diukur.



Penelitian hendaknya memiliki beberapa karakteristik berikut ini:
  • Peneliitan harus sistematis
  • Penelitian harus objektif dan rasional
  • Penelitian harus memiliki kegunaan atau manfaat
Lebih jelas lagi pendapat Emory (1985) menjelaskan terdapat 7 ciri khas penelitian yang baik dan benar, yakni sebagai berikut : 


Jelas dan Fokus

Masalah yang diteliti haruslah betul-betul sebagai masalah yang dapat dibuktikan dengan fakta dan data yang ada, sehingga data yang terkumpul dalam penelitian itu dapat digunakan untuk pemecahan masalah. Dengan rumusan masalah dan tujuan penelitian yang benar dan jelas. Sehingga penelitian akan lebih terarah dan fokus, efisien dan efektif.

Prosedur Penelitian yang Rinci 

Prosedur penelitian harus jelas, terperinci, dijabarkan. Sehingga bukan hanya anda saja yang memahaminya, tapi orang lain yang membaca hasil tulisan hasil penelitian kita.

Prosedur Harus Teliti 

Prosedur dalam rancangan penelitian harus dibuat secara teliti, hati-hati dan menggunakan metode yang sesuai, agar penelitian kita menjadi penelitian yang benar-benar bisa dipertanggung jawabkan. Maksudnya adalah bias dibuktian secara data atau pun Sementara data yang dimaksud adalah teori-teori yang mendukung penelitian, dokumen, maupun kuesioner anda. Intinya, dalam meneliti mau tidak mau anda harus mengedepankan prosedur. Prosedurnya jelas, dan teliti.

Laporan Lengkap dan Sistematis 

Laporan penelitian harus lengkap, dan disusun secara sistematis. Kelengkapan yang dimaksud mencakup latar belakang dan perumusan masalah, teori yang mendukung penelitian, sumber data baik pustaka maupun lapangan, sekunder maupun primer, dan sebagainya. Dalam menyusun laporan penelitian, baik itu jurnal, skripsi, tesis, dan disertasi, laporan yang sistematis menjadi nilai tersendiri, dan tentunya akan diistimewakan. Sistematis dalam penelitian termasuk dalam hal kemampuan kita dalam mengolah data, penempatan teori dari A sampai Z.

Tepat Menggunakan Alat Analisis 

Analisis yang digunakan harus tepat. Dalam penelitian, kita harus membuat rencana yang baik tentang desain penelitian yang akan dilakukan. Termasuk dalam hal menentukan analisisnya. Misalnya menggunakan analisis regresi, maka yang dikaji dan diteliti adalah pengaruh antara masalah A dan B. begitulah selanjutnya, jika meneliti hubungan maka gunakan analisis korelasi. Jika meneliti perbandingan, gunakan analisis komparatif.

Kesimpulan dan Saran Dari Sumber Bukan Pribadi 

Setiap kesimpulan dan saran yang diberikan harus didukung oleh data yang diperoleh dari penelitian. Dengan kata lain, kesimpulan dan saran yang anda tuliskan bukanlah pendapat anda semata. Boleh mengajukan pendapat, namun hal tersebut hanya sekedar saran tambahan yang berdasar.

Peneliti Berintegritas 

Poin inilah yang paling penting. Integritas merupakan perpaduan dari semua poin di atas. Dalam penelitian, seorang peneliti yang berintegritas tentunya akan sangat ditunggu-tunggu hasil penelitiannya. Tentunya poin ini-pun akan berlaku untuk penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa juga. Mahasiswa yang berintegritas dalam penelitiannya adalah mahasiswa yang membuat tugas akhirnya dengan hasil jerih payahnya sendiri. Tentunya dengan menerapkan poin-poin yang sudah dijelaskan diatas.

Post a Comment for "Karakteristik Penelitian yang Baik"