Website Penyedia Jurnal Internasional yang Harus Diketahui!

Semua mahasiswa pada akhirnya pasti akan menjalani proses penyusunan skripsi Untuk mendapatkan gelar sarjana.  Setiap jurusan kuliah, seperti jurusan keolahragaan, jurusan seni, matematika, atau apapun itu, pasti akan dihadapkan pada kegiatan menulis karya ilmiah pada tugas akhir. Dalam menulis karya tulis ilmiah, karya ilmiah harus diperkaya oleh beberapa referensi yang jelas dan terpercaya. Tujuannya adalah agar karya ilmiah kamu punya acuan yang tegas dan dapat dipercaya. Salah satunya sumber acuan adalah jurnal.


Jurnal adalah terbitan berkala yang berbentuk pamphlet berseri berisi bahan-bahan ilmiah yang biasanya mengambil tema yang up to date (tema yang diminati) pada saat diterbitkan. Jurnal ilmiah biasanya berisikan hasil-hasil penelitian yang sudah pernah dilakukan oleh akademisi dan disusun secara ringkas dan sistematis.

Sebagai salah satu syarat penulisan karya ilmuah seperti tugas akhir skripsi atau tesis biasanya harus memiliki rujukan jurnal berstandar internasional yang disertakan di daftar pustaka. Bahkan beberapa universitas ada yang mensyaratkan menyaratkan 5 % – 10 % daftar pustaka yang digunakan adalah literature asing, baik buku-buku asing yang berbahasa Inggris maupun artikel ilmiah dan penelitian yang sudah dikemas dalam bentuk jurnal internasional.

Penggunaan literature asing tidak hanya didominasi oleh beberapa program studi saja atau prodi-prosi tertentu, tetapi hampir semua program studi dapat menggunakan jurnal internasional sebagai rujukan atau referensi. Namun demikian, ada beberapa bidang yang lebih banyak menggunakan dukungan referensi asing, diantaranya adalah skripsi atau tesis psikologi, teknik (teknik sipil, teknik arsitektur, teknik elektro, teknik geologi, teknik pertambangan, dll), pendidikan (administrasi pendidikan, teknologi pendidikan, pembelajaran, dll), mipa (bilogoi, kimia, matematika, fisika), pertanian, ekonomi (manajemen pemasaran, manajemen keuangan,manajemen sumber daya manusia, akuntansi keuangan, ekonomi pembangunan), dll

Saat ini, kebanyakan dosen biasanya meminta mahasiswa untuk mengambil acuan dari jurnal – jurnal internasional. Namun, yang menjadi kendala adalah ternyata masih ada mahasiswa yang belum tahu situs – situs apa aja yang bisa digunakan untuk menemukan jurnal – jurnal internasional. Ada banyak situs jurnal internasional yang bisa digunakan untuk mencari jurnal internasional, termasuk diantaranya 10 situs ini:

1. E-resources.perpusnas.go.id
Situs ini merupakan situs resmi Perpustakaan Nasional Indonesia. Dalam situs ini terdapat banyak jurnal yang dapat digunakan sebagai kajian dalam penyususnan skripsi. Syarat agar bisa masuk ke situs ini dan mengunduh jurnal secara gratis adalah harus mendaftarkan diri menjadi anggota perpus terlebih dahulu.

2. Google Scholar
Mahasiswa mungkin tidak asing lagi dengan situs Google Scholar, kebanyakan mahasiswa mencari jurnal untuk tugas review jurnal dari situs ini. Google Scholar merupakan situs mencari jurnal atau skripsi yang dikembangakan oleh Google. Cara untuk mendapat jurnalnya tinggal ketikkan nama jurnal yang kamu cari di mesin pencari di Google Scholar.

3. International Journal of Education and Research
Situs yang satu ini memuat review jurnal penelitian yang diterbitkan oleh Kontemporer Research Center (CRC Publications), yang telah terakreditasi. Kamu bisa unduh jurnal yang kamu inginkan.

4. Directory of Open Access Journal
Untuk mengunduh jurnal internasional dari situs ini, kamu cukup mengetikkan jurnal yang diinginkan di mesin pencari. Aksesnya terbuka untuk siapa saja dan gak berbayar, jadi kamu bisa unduh jurnal sebanyak – banyaknya yang kamu mau.

5. ScienceDirect
Situs ini memuat jurnal – jurnal dan buku yang sebagian harus dibayar untuk mendapatkannya. Namun ada juga yang gratis, yang dapat dicari pada bagian open access.

6. Akademia
Di situs ini tersedia banyak jurnal, termasuk jurnal internasional yang bisa kamu peroleh secara gratis

7. Research Gate
Di situs ini, kamu bisa request jurnal yang kamu mau karena disini adalah komunitas para peneliti yang mengupload jurnalnya. Cara untuk mendaftar ke situs ini adalah dengan menggunakan email institusi/ kampus masing – masing. Selain itu kamu juga mengupload jurnal kamu secara gratis

8. International Journal  of Education & the Arts
Situs ini banyak memuat jurnal internasional yang pastinya cocok direkomendasikan untuk kamu yang sedang mencari jurnal internasional.

9. Cambridge Journal
Situs jurnal internasional yang satu ini menyediakan jurnal internasional. Sama seperti situs lainnya, cara mengunduh jurnalnya tinggal mengetikkan di mesin pencari jadi sangat mudah untuk kita mendapatkan jurnal yang kita inginkan.

10. Oxford Journal
Siapa yang gak tau University of Oxford? Salah satu universitas terbaik dunia ini ternyata membuka akses gratis untuk mahasiswa yang ingin mencari jurnal internasional.
Pastinya banyak sekali jurnal-jurnal internasional yang bisa kamu unduh secara gratis.

Sebenarnya masih banyak situs yang bisa kamu gunakan untuk mencari jurnal internasional. Situs yang lainnya bisa kamu tanyakan kepada teman- teman kamu, dosen, atau sama orang lain yang tahu tentang situs jurnal internasional.

Tunggu apalagi, gunakan ponsel pintar kamu untuk mencari jurnal yang kamu inginkan. Semoga tugas akhirnya bisa kelar , dan semoga skripsinya diterima. Semangat ya untuk perjuangan akhirnya!