Menentukan Jumlah Sample Dengan Rumus Slovin

Secara umum, sampel yang baik adalah yang dapat mewakili sebanyak mungkin karakteristik populasi. Dalam bahasa pengukuran, artinya sampel harus valid, yaitu bisa mengukur sesuatu yang seharusnya diukur. Salah satu teknik penentuan jumlah sample yaitu dengan menggunakan rumus slovin.

Rumus Slovin adalah sebuah rumus atau formula untuk menghitung jumlah sampel minimal apabila perilaku dari sebuah populasi tidak diketahui secara pasti. Rumus ini pertama kali diperkenalkan oleh Slovin pada tahun 1960. Rumus slovin ini biasa digunakan dalam penelitian survey dimana biasanya jumlah sampel besar sekali, sehingga diperlukan sebuah formula untuk mendapatkan sampel yang sedikit tetapi dapat mewakili keseluruhan populasi.

Rumus Slovin dapat dilihat di bawah ini

Rumus Slovin
Dari rumus di atas, dijelaskan bahwa n adalah jumlah sampel minimal, nilai N merupakan populasi sedangkan nilai e adalah error margin. Berangkat dari ide perihal margin error inilah memberikan kesempatan kepada para peneliti untuk menetapkan besar sampel minimal berdasarkan tingkat kesalahan atau margin of error.

Misalnya sebuah penelitian dengan derajat kepercayaan 95%, maka tingkat kesalahan adalah 5%. Sehingga peneliti dapat menentukan batas minimal sampel yang dapat memenuhi syarat margin of error 5% dengan memasukkan margin error tersebut ke dalam  rumus slovin.

Untuk menggunakan rumus ini, pertama ditentukan berapa batas toleransi kesalahan. Batas toleransi kesalahan ini dinyatakan dengan persentase. Semakin kecil toleransi kesalahan, semakin akurat sampel menggambarkan populasi. Misalnya, penelitian dengan batas kesalahan 5% berarti memiliki tingkat akurasi 95%. Penelitian dengan batas kesalahan 2% memiliki tingkat akurasi 98%. Dengan jumlah populasi yang sama, semakin kecil toleransi kesalahan, semakin besar jumlah sampel yang dibutuhkan.

Contoh: 
Sebuah perusahaan memiliki 2000 karyawan, dan akan dilakukan survei dengan mengambil sampel. Berapa sampel yang dibutuhkan apabila batas toleransi kesalahan 5%.

Dengan menggunakan rumus Slovin:
n = N / ( 1 + N e² ) = 2000 / (1 + (2000 x 0,05²)) = 333,33 » 334.

Dengan demikian, jumlah sampel yang dibutuhkan adalah 334 karyawan.

1 Response to "Menentukan Jumlah Sample Dengan Rumus Slovin"

  1. Olah Data Skripsi
    Olah Data Skripsi Dengan Harga Terbaik Dapatkan Hanya Di Olah Data Semarang. Bingung Mengerjakan Olah Data Skripsi, Tesis, Disertasi, Atau Umum. Dari Pada Pusing Serahkan Saja Pada Kami Menerima Olah Data Skripsi. Olah Data Semarang adalah penyedia jasa yang melayani jasa survei, pengolahan data dan konsultasi statistik untuk Olah Data Skripsi. Telah berpengalaman lebih dari 7 tahun dalam bidang pengolahan data dan telah menangani lebih dari 2000 klien menggunakan software SPSS, Eviews, AMOS, Smart PLS, LISREL dll. Klien kami sampai saat ini berasal dari Perusahaan, Konsultan, Mahasiswa yang sedang dalam proses pengerjaan Olah Data Skripsi.
    Contact Person WhatsApp : +6285227746673

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel