Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Microsoft Word

Daftar pustaka merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam menyusun sebuah  laporan , karya ilmiah, jurnal, buku, atau makalah. Dalam penulisan suatu karya ilmiah, kita dituntut untuk menyajikan informasi dengan disertai sumber yang benar. Tuntutan menyajikan informasi dengan sumber yang benar itulah yang membuat penulisan daftar pustaka dibutuhkan bahkan diwajibkan. Manfaat penulisan daftar pustaka adalah sebagai berikut:


  • Memenuhi etika penulisan;
  • Sebagai ucapan terima kasih penulis kepada penyumbang data;
  • Sebagai pendukung ide seorang penulis karena biasanya sumber yang diambil ditulis oleh pakar yang terkenal;
  • Sebagai petunjuk untuk melacak kebenaran data yang diambil;
  • Sebagai referensi silang, yaitu menunjukkan pada halaman atau bagian mana data itu diambil.

Dalam tulisan ini, akan dibahas tentang bagaimana cara menulis sumber kutipan dan daftar pustaka, secara otomatis dengan menggunakan Microsoft Word.

Di sini saya menggunakan Word versi 2016. Untuk versi lainnya, namun Anda tidak perlu khawatir jika ingin membuat daftar pustaka menggunakan versi Office yang lain. Caranya sama seperti ini

1. Buka file yang akan dibuat daftar pustaka pada Miscrosoft Word.

2. Kemudian, klik tab References lalu pilih Manage Sources.


3. Klik New untuk membuat satu referensi daftar pustaka.



4. Pilih Type of Source apakah referensi Anda berasal dari sebuah artikel, buku, jurnal, website, dan lain-lain seperti yang telah disediakan oleh Word.


5. Type of source yang Anda pilih akan sesuai dengan atribut-atribut yang muncul. Isi masing-masing kolom atribut yang ada terkait pengarang, judul, tahun, kota, penerbit, dan lain-lain. Klik OK setelah selesai


Pada bagian Author terdapat tombol Edit yang dapat digunakan untuk memasukkan nama pengarang yang terdiri dari first, last, dan middle name. Anda bisa menginput nama pengarang lebih dari satu  dengan mengklik Add.

6. Setelah itu, muncul tampilan seperti berikut ini dimana ditampilkan daftar referensi yang telah kita tambahkan sebelumnya.


Terdapat beberapa tombol seperti Copy untuk menyalin referensi, Delete untuk menghapus daftar, Edit untuk membuka kotak dialog Create Source terkait referensi yang dipilih dimana Anda dapat mengubah atribut yang tersedia, dan New untuk membuat atau menambah referensi baru. Adapun tombol Copy, Delete, dan Edit bekerja berdasarkan referensi yang dipilih pada Master List.

7. Kemudian, setelah Anda menambahkan semua daftar referensi yang Anda inginkan, langkah selanjutnya adalah dengan menampilkannya ke daftar pustaka pada lembar kerja Anda. Pilih bagian References, klik Bibliography dilanjutkan dengan mengklik Insert Bibliography.


8. Lembar kerja Anda akan terlihat seperti gambar di bawah ini.




Selanjutnya untuk menambahkan daftar baru, Anda dapat mengulangi cara di atas dengan mengklik tombol New pada Source Manager seperti pada langkah ke 3. Adapun untuk meng-update daftar pustaka pada lembar kerja, Anda juga dapat mengulangi cara yang sama dengan sebelumnya yaitu dengan menggunakan perintah Insert Bibliography pada langkah ke 7.

0 Response to "Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Microsoft Word"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel