--Advertisement--
Yang terbayang dalam fikiran saat mendengar istilah statistik adalah sesuatu hal yang rumit, ilmu yang berhubungan dengan angka. Tak heran bila statistik dianggap sulit dan menjadi hal yang menakutkan bagi sebagian mahasiswa bahkan banyak mahasiswa yang menghindari mata kuliah statistic. Padahal di bidang ilmu apapun kita pasti akan berhubungan dengan statistik terlebih bagi mahasiswa yang sedang melakukan penelitian.


Untuk mempelajari statistik sebenarnya tidak sulit. Setidaknya ada lima cara mudah menguasai statistik, yakni:
Belajar teratur dan konsisten bukan sekaligus
Belajar statistik secara teratur satu atau dua jam sehari selama enam hari ternyata jauh lebih efektif ketimbang harus menerapkan sistem kebut semalam.
Jangan Malu bertanya
Saat diberi kesempatan untuk bertanya bukan rahasia bila banyak siswa atau mahasiswa enggan menggunakannya. Padahal menjadi pintar salah satu kiatnya adalah dengan banyak bertanya pada ahlinya.

BACA JUGA : Pengertian Istilah Statistik dan Statistik

Berlatih
Berlatihlah sebanyak mungkin dengan variasi soal sebanyak mungkin akan memerkaya pengetahuan akan statistik. Kuasai teori dan praktikkan.
Lupakan Rumus
Statistik bukan belajar menghapal rumus. Yang penting ialah tahu kapan menggunakan rumus-rumus statistik dan kriteria-kriteria yang harus dipenuhi.
Program statistik
Saat ini sudah banyak program-program statistik yang beredar baik yang bersifat umum seperti SPSS, Minitab, SAS, STATA, Excel) hingga yang khusus, macam Eviews, LISREL dan lain-lain. Program statistik ini sangat meringankan tugas seorang peneliti karena tak perlu lagi melakukan perhitungan secara manual.

Peneliti hanya perlu tahu alat analisis statistik yang diperlukan ketika menghadapi permasalahan dan kemudian diselesaikan dengan komputer sehingga statistik bukan hal yang menakutkan lagi bagi pelajar

Jadi itulah beberapa hal mengapa statistik ini mudah dan menyenangkan

Post a Comment

 
Top