Tutorial SPSS Analisis Regresi dan Kolerasi dengan Melibatkan Variabel Kontrol

Pada bahasan sebelumnya sudah dijelaskan penjelasan mengenai variabel control. Bagi yang belum faham mengenai teori variable koontrol siliahkan klik link berikut ini "Penjelasan Variabel Kontrol"
 
Pada bahasan kali ini akan dijelaskan bagaimana cara melakukan analisis data penelitian dengan variabel control dengan menggunakan SPSS. Ada 3 jenis penelitian yang dibahas di sini, pertama korelasional yang mengidentifikasi hubungan antar dua variable dan yang kedua adalah regresi dengan variabel control.

Mencari Hubungan dengan ditambahkan variabel kontrol

Contoh Kasus Korelasional
Apabila korelasi tanpa melibatkan variabel kontrol dilakukan dengan menggunakan korelasi product moment, maka jika kita melibatkan variabel kontrol digunakan korelasi parsial. Berikut ini contoh variabel yang dilibatkan dalam penelitian:

Variabel Tergantung (Y): Variabel Bebas (X) dan Variabel Kontrol (C ) . komposisi variabel di atas kita dapat mengajukan hipotesis penelitian seperti ini:
Cara Menganalisis Data bisa diambil di sini. Di SPSS silahkan tekan ANALYZE - CORRELATION - PARTIAL CORRELATION. Masukkan variabel tergantung dan bebas pada VARIABLES kemudian masukkan variabel kontrol pada kotak CONTROLLING FOR. Lihat gambar di bawah ini.


Kemudian ikuti langkah berikut


Lalu akan muncul dialog seperti di bawah ini, lalu masukan setiap variabel sesuai dengan gambar

Klik OK lalu akan muncul output seperti di bawah ini :

Membaca Output Kita lihat bahwa setelah mengendalikan variable kontrol, maka kita temukan adanya korelasi yang signifikan antara X dan Y (r=0,333; p<0.01).

Analisis Regresi Dengan Variabel Kontrol

Untuk melakukan Analisa ini cukuplah mudah sama seperti melakukan analisis regresi berganda. Apabila regersi tanpa melibatkan variabel kontrol dilakukan dengan menggunakan korelasi regresi sederaha atau berganda, maka jika kita melibatkan variabel kontrol digunakan regresi berganda dengan ditambahkan variabel control, lalu kita lihat perubahan signifikansinya dan besaran pengaruhnya sebelum dan setelah ditambahkan variabel kontrol. Untuk lebih jelasnya, Berikut ini contoh variabel yang dilibatkan dalam penelitian:

Variabel Tergantung (Y): Variabel Bebas (X) dan Variabel Kontrol (C ) . komposisi variabel di atas kita dapat mengajukan hipotesis penelitian seperti ini:

Cara Menganalisis Data bisa diambil di sini. Di SPSS silahkan tekan ANALYZE - REGRESSION - LINEAR. Masukkan variabel tergantung dan bebas pada VARIABLES kemudian masukkan variabel kontrol dengan melakukan regresi berganda. Lihat gambar di bawah ini.

Contoh Kasus Regresi

Sebelum ditambahkan variabel control, lakukan analisis regresi sederhana





Untuk menambahkan variabel control, lakukan lagi analisis regresi berganda lihat gambar di bawah ini :





setelah output keluar, bandingkan signifikansi uji t atau f sebelum ditambahkan variabel kontrol dan setelah ditambahkan variabel kontrol, begitu juga dengan uji determinasi sebelum ditambahkan variabel kontrol dan setelah ditambahkan variabel kontrol apakah pengeruhnya makin besar atau tidak.

jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tanyakan di kolom komentar. Terima Kasih Semoga bermanfaat

0 Response to "Tutorial SPSS Analisis Regresi dan Kolerasi dengan Melibatkan Variabel Kontrol"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel