Tips Menghadapi Sidang Skripsi dan Tesis

Tips menghadapi sidang skripsi dan tesis sangat dibutuhkan terutama supaya nilai yang didapatkan bisa sesuai dengan target yang diharapkan. Sidang skripsi merupakan bagian dari mahasiswa semester akhir yang paling ditunggu-tunggu sekaligus merupakan hal yang menegangkan.
 

Setelah semua skripsi mendapatkan persetujuan dari dosen pembimbing maka sangat diperlukan tips menghadapi sidang supaya sidang yang kita jalani dapat lancar. Mungkin yang kita rasakan ketika akan menjalani sidang dapat berupa perut mules, keringat dingin, grogi, dan sebagainya. Tetapi tenang saja karena dengan membaca tips ini maka hal tersebut tidak akan terjadi. 

Tips Menghadapi Sidang Skripsi

Berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan dalam menghadapi sidang skripsi

 

Menguasai materi

Tips pertama yang perlu dilakukan yaitu dengan menguasai materi. Ini merupakan hal yang sangat penting dilakukan. Jika materi sudah kita kuasai maka satu kekhawatiran jika tidak dapat mempresentasikan atau menjawab pertanyaan dapat diatasi. Materi skripsi yag kita tulis tidak perlu dihapal, cukup memahami isi serta mengerti alur tiap bab yang ada. 

 

Tenang

Tips yang kedua yaitu tetap tenang. Namun hal tersebut sulit untuk dilakukan. Kebanyakan mahasiswa akan merasakan grogi atau istilah kerennya sindrom menghadapi sidang sebelum presentasi dimulai. Dengan menguasai materi serta tetap tenang maka rasa grogi dapat dihindari. 

 

Menggunakan poin dalam slide presentasi

Ini juga merupakan salah satu bagian penting yang perlu dilakukan. Gunakanlah poin-poin penting dan jangan menggunakan kalimat yang panjang lebar. Menggunakan poin penting pada setiap materi sebagai bahan presentasi akan mempermudah kita dalam menjelaskan poin-poin yang dimaksud tanpa membacanya. 

 

Memperhatikan waktu

Waktu merupakan hal yang penting. Biasanya kita akan diberikan waktu sekitar 20 hingga 30 menit untuk mempresentasikan materi. Gunakanlah waktu tersebut sebaik mungkin dan sebaiknya tidak terlalu lama atau terlalu sebentar. 

 

Memperhatikan materi

Ketika membuat skripsi, kita tidak boleh menggunakan tema sembarangan atau judul sembarangan sebab semuanya harus mendapatkan persetujuan dari dosen pembimbing. Jika semuanya sudah disetujui, maka saatnya kita membuat bahan presentasi untuk persiapan ketika sidang.
Ketika menyampaikan presentasi di sidang skripsi didepan dosen penguji sebaiknya kita menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar serta sesuai dengan ejaan yang telah disempurnakan. Jangan menggunakan kata-kata gaul atau bahasa sehari-hari karena dapat berpengaruh pada nilai. 

 

Memperhatikan penampilan

Bagi peserta sidang skripsi, pakaian merupakan hal yang dapat mempengaruhi rasa percaya diri terutama ketika kita sedang berdiri mempresentasikan materi. Perhatikanlah penampilan ketika mengikuti sidang. 

Sebaiknya berpenampilan rapi dan juga sesuai dengan ketentuan yang berlaku di universitas. Dengan begitu maka dosen penguji juga akan merasa nyaman melihat penampilan kita sehingga kita akan mendapatkan poin tambahan. 

 

Alat pendukung

Kita juga perlu mempersiapkan peralatan pendukung yang dapat digunakan ketika sidang misalnya laptop atau infocus. Biasanya di kampus sudah disediakan alat pendukung sidang sehingga kita tidak perlu kesana kemari untuk mencari alat pendukung.
Dengan persiapan perangkat pendukung yang tepat maka presentasi juga dapat berjalan dengan lancar. Kelancaran presentasi yang kita lakukan juga dapat mempengaruhi nilai yang diberikan oleh dosen penguji.

 

Memahami kebiasaan atau gaya penguji

Poin ini juga perlu diperhatikan. Jika sudah tahu siapa dosen penguji maka segeralah bertanya kepada teman atau kakak kelas mengenai karakteristik dosen penguji sebelum hari H sidang. Sebab setiap penguji memiliki gaya yang berbeda dalam memahami setiap materi sehingga kita dapat memperkirakan pertanyaan yang akan diberikan.
Hal ini juga dapat membantu persiapan dalam menjawab pertanyaan. Dengan begitu, ketika hari H kita tidak perlu lagi takut atau grogi dengan pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan.
 

Jangan lupa berdoa

Ingatlah bahwa selain berusaha kita juga harus berdoa. Sebelum memulai untuk mempresentasikan materi skripsi sebaiknya kita berdoa agar diberikan kelancaran serta kemudahan dalam segala hal, baik dalam hal presentasi maupun ketika menjawab pertanyaan serta hasil yang diharapkan dapat tercapai.

Tips Menghadapi Sidang Skripsi Mulai dari Teknik Memulai Presentasi, Menjawab Pertanyaan, Atau Meminta mengulang Pertanyaan


Selain tips yang perlu dilakukan ketika menghadapi sidang skripsi yang telah disebutkan di atas, kita juga perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut.

Teknik memulai presentasi

Banyak yang merasa grogi ketika melakukan presentasi di awal sidang. Ada beberapa teknik yang perlu diperhatikan supaya presentasi berjalan dengan lancar. Diantaranya yaitu dengan mengemukakan point nya saja jika presentasi dalam bentuk slide. Hal ini akan memudahkan kita dalam menjelaskan serta dapat memperkirakan waktu yang telah ditentukan.
Karena itu sebelum presentasi, kita perlu latihan pernafasan karena dalam presentasi kita dituntut banyak berbicara, kita juga dapat latihan presentasi dengan beberapa teman terlebih dahulu serta yang paling penting yaitu menyiapkan materinya. Sampaikan poin-poin yang tidak menyimpang dari topik atau materi kita. 

Menjawab pertanyaan

Dalam sidang kita juga akan menjumpai sesi tanya jawab dengan dosen penguji. Jawablah pertanyaan yang diajukan oleh penguji dengan sopan dan sesuai dengan pertanyaan. Jangan menjawab menyimpang dari topik atau pertanyaan yang diajukan oleh penguji.
Kita juga dapat memberikan penjelasan dari jawaban yang kita berikan dengan sejelas-jelasnya selama masih dalam topik yang sama. Sehingga dengan demikian penguji akan puas dengan jawaban kita. Hal tersebut juga dapat berpengaruh terhadap penilaian. 

Meminta mengulang pertanyaan

Jangan pernah ragu untuk bertanya kembali tentang pertanyaan yang diberikan oleh penguji jika kurang jelas. Jika pertanyaan yang diberikan oleh penguji dirasa sulit untuk dipahami bahasanya maka kita dapat meminta tolong untuk mengulangi pertanyaan.
Dapat juga dengan menanyakan kembali dengan bahasa yang formal namun tetap sopan agar diberikan penjelasan atau pengulangan pertanyaan oleh dosen penguji.
 

Pentingnya Tips Menghadapi Sidang Skripsi

Dari berbagai tips yang ada di atas maka jika kita sedang menghadapi sidang skripsi maka hal tersebut sebaiknya dijalankan. Terutama jika sudah berada di hari H nya yang paling penting yaitu penguasaan terhadap materi. Dengan begitu rasa cemas dan was-was ketika sidang dapat diatasi.
Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa sidang skripsi merupakan bagian akhir dari perjalanan menempuh strarta sarjana. Ini juga merupakan salah satu momok terbesar mahasiswa. Dengan begitu persiapan-persiapan harus dilakukan supaya semuanya berjalan lancar. Yang terpenting adalah kita memahami materi skripsi yang telah kita buat. 

Dengan begitu satu alasan untuk tetap percaya diri tetap ada. Jangan pernah berfikir bahwa sidang skripsi dapat berjalan lancar tanpa menguasai materi karena hal tersebut dapat berpengaruh pada nilai. Karena itulah betapa pentingnya kita melakukan tips ini. 

Demikian beberapa informasi tentang tips menghadapi sidang skripsi semoga dapat membantu kita yang sedang menjalani ujian dan mendapatkan nilai yang sangat memuaskan

0 Response to "Tips Menghadapi Sidang Skripsi dan Tesis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel