--Advertisement--

Meningkatkan Motivasi saat Mengerjakan Skripsi


Motivasi skripsi sangat dibutuhkan sebagai penyemangat dalam pembuatan skripsi. Ada banyak hal yang dapat menjadi motivasi supaya skripsi cepat selesai. Rasanya membuat skripsi tanpa adanya motivasi bagaikan sayur tanpa garam.



Motivasi antara orang yang satu dengan yang lainnya tentu berbeda-beda tergantung kebutuhan masing-masing. Nah, pada bahasan ini kita akan mengetahui ulasan tentang apa saja yang membuat mahasiswa memiliki motivasi skripsi supaya skripsi yang dikerjakan dapat segera selesai.
Berikut ini beberapa motivasi skripsi supaya dapat menjadi penyemangat supaya cepat selesai. 

Cepat lulus

Motivasi yang pertama yaitu supaya cepat lulus. Dengan motivasi ini kita akan melakukan cara agar skripsi segera dapat selesai. Tentunya kita tidak menginginkan berlama-lama di kampus untuk melakukan bimbingan skripsi. Sebab dengan cepat lulus berarti masa depan serta cita-cita dapat segera tercapai. Karena itu kita pantang untuk menunda-nunda skripsi. 

Ingin melihat orang tua bahagia

Setiap orang tua yang membiayai anaknya kuliah pasti menginginkan anaknya cepat lulus. Sedangkan anak yang dibiayai oleh orang tuanya tentu tidak ingin melihat orangtuanya merasa kecewa. Motivasi ingin membuat orang tua bahagia tentu sangat tepat. Sebab dengan motivasi tersebut tentu kita akan menjadi bersemangat dalam mengerjakan skripsi.
Sebagai seorang anak kita tidak ingin merepotkan orang tua bukan. Karena itu dengan menunda-nunda skripsi tentu orang tua juga akan semakin lama lagi menunggu kita untuk lulus.

Adu cepat dengan teman seangkatan

Sebagai mahasiswa kompetisi dalam akademik memang diperlukan. Kita harus berlomba-lomba menunjukkan bahwa kita bisa lulus tepat waktu dan lebih dulu. Tentunya kita memiliki perasaan tersendiri jika bisa lulus lebih dulu atau lebih cepat dari teman seangkatan. Karena itudengan menunda untuk mebuat skripsi berarti akan semakin lama kita dapat selesai membuat skripsi. 

Sebaliknya dengan tidak menunda waktu untuk membuat skripsi maka akan semakin cepat kita dapat lulus terutama dengan teman seangkatan. Kita juga akan malu jika kita menyelesaikan skripsi dengan waktu yang lebih lama atau dengan adik kelas.

Menghemat biaya

Nah, ini alasan yang umum untuk digunakan. Biaya kuliah tentu tidak sedikit. Semakin lama kita kuliah maka semakin banyak pula biaya yang dikeluarkan. Walaupun jumlah biaya per semester sesuai dengan kesepakatan tentunya kita juga perlu memikirkan jumlah biaya hidup untuk kuliah jika rumah kita jauh dari kampus.

Jika kita tidak segera menyelesaikan skripsi maka biaya per semester juga harus dibayarkan. Sebab semakin lamaskripsi diselesaikan maka semester juga akan kita lewati dan kita harus membayarnya. Tentu kita tidak ingin membebankan biaya kuliah kita kepada orang tua lebih lama lagi. Karena itu dengan cepat-cepat menyelesaikan skripsi berarti beban biaya yang dibayarkan per semester atau untuk digunakan biaya skripsi juga semakin kecil. 

Cepat mendapatkan jodoh

Walaupun motivasi seperti ini jarang, namun bagi kita yang ingin cepat menikah muda tentunya ingin segera mendapat pekerjaan yang mapan dan mendapatkan jodoh. Sebab ketika kita memutuskan untuk berkeluarga berarti kita juga harus menyelesaikan tahap penyelesaian skripsi terebih dahulu. Brulah kemudian kita dapat jodoh. 

Ingin segera bekerja

Tujuan kita bersekolah tinggi tentu setelah lulus akan mendapatkan pekerjaan yang layak. Semakin cepat kita menyelesaikan skripsi maka semakin cepat pula kita dapat lulus dan segera mendapatkan pekerjaan yang layak dan mapan. Karena itu berusaha dengan sekuat tenaga dalam menyelesaikan skripsi dengan sebaik mungkin merupakan jalan yang dapat kita ambil supaya skripsi dapat cepat selesai.


Tips Jika Motivasi Skripsi Menjadi Hilang

Motivasi skripsi tidak selalu menyala-nyala dalam sanubari kita supaya dapat selesai.Motivasi juga dapat naik turun. Nah berikut ini merupakan beberpa hal yang dapat kita lakukan jika motivasi skripsi mulai menurun. 

Menghubungi orang tua

Cara pertama yang dapat kita lakukan yaitu dengan menghubungi orang tua. Jika kita merupakan anak perantauan, cara ini dapat dilakukan. Kita dapat mengatakan kepada mereka bahwa kita merindukan mereka atau bercerita tentang skripsi. Maka dengan begitu orang tua akan memberikan pendapat yang positif dan ha ini dapat menumbuhkan motivasi kita yang mulai menurun. 

Tidak Memaksakan diri

Yang kedua yaitu idak memaksakan diri jika merasa lelah atau jenuh. Jika rasa jenuh sudah melanda sebaiknya kita berhenti sejenak mengerjakan skripsi. Kita bisa jalan-jalan atau refreshing sejenak. Yang penting jangan sampai lupa mengerjakan skripsi. 

Membuat deadline

Yang ketiga yaitu membuat deadline terhadap skripsi yang kita buat. Dengan membuat deadline terhadap skripsi kita sendiri maka dapat mencegah terjadinya penurunan motivasi skripsi. Malah hal ini dapat membuat motivasi kita bertambah sehingga tetap semangat mengerjakannya. Misalnya kita dapat membuat deadline per bab supaya cepat selesai. 

Menunda skripsi berarti menunda sukses

Ingatlah bahwa menunda skripsi berarti kita menunda untuk sukses. Ini dapat terjadi karena dengan berlama-lama kuliah dan tidak segera menyelesaikan skripsi berarti kita tidak akan segera mendapatkan pekerjaan yang kita inginkan bahka tidak segera menikah dengan orang yang dicintai.
Bagi kita yang sudah mempunyai pasangan dan ingin segera menikah, ingatlah bahwa menunda skripsi sama saja menunda pernikahan. Tekankan pada diri sendiri bahwa kita menikah setelah selesai skripsi sehingga kita akan semangat menyelesaikan skripsi. 

Rajin ke perpustakaan

Rajinlah ke perpustakaan baik ketika motivasi baik ketika motivasi meningkat atau menurun. Ingatah bahwa ke perpustakaan tidak harus mengerjakan skripsi. Kita bisa membaca buku yang bisa membuat kita senang atau buku yang lebih bermanfaat. Perpustakaan merupakan rumah kedua bagi mahasiswa jad jangan pernah menjauh dari perpustakaan.

Rajin berdiskusi

Selanjutnya yaitu dengan rajin berdiskusi terutama dengan sesama pejuang skripsi. Berdiskusi dapat berisi tentang skripsi misalnya kesulitan yang dialami, atau berdiskusi lain tapi dengan tema skripsi. Dengan begitu kita akan salaing memberi masukan terhadap teman-teman sesama pejuang skripsi.

Mengakrabkan diri dengan dosen

Dosen pembimbing merupakan orang yang menilai atau memberi kita pencerahan dalam proses pembuatan skripsi. Selain dapat berkonsultasi atau berdiskusi dengan dosen, kita juga dapat mengakrabkan diri agar lebih mengenal karakternya. Dengan mengakrabkan diri selain dapat membuat lebih santai dalam bimbingan juga dapat mempermudah ketika nantinya kita ujian skripsi.
Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa motivasi skripsi harus kita miliki agar tetap semangat dalam mengerjakan skripsi. Dengan memiliki motivasi kita akan berusaha agar skripsi cepat selesai dan tidak akan berlama-lama menunda membuat skripsi.
Jika motivasi skripsi mulai menurun, beberapa tips di atas juga dapat dilakukan sehingga kita tidak terlalu lama menunda untuk membuat skripsi. Itulah ulasan motivasi  skripsi semoga dapat bermanfaat bagi yang sedang mengerjakan skripsi

Post a Comment

 
Top