Tutorial Cara Melakukan Uji Beda Rata-rata Independent Sample Test Dengan SPSS

Independen sample T test digunakan untuk menguji dua rata-rata dari dua kelompok data yang independen.

CONTOH KASUS
Seorang mahasiswa jurusan manajemen meneliti apakah ada perbedaan nilai tes psikologi anra siswa SMA dan SMK pada sekolah negeri di Sukabumi. Sample yang digunakan sebanyak 20 siswa. Data yang didapat adalah sebagai berikut:


  • Buka program SPSS, klik variable view. Selanjutnya isikan seperti gambar di bawah ini (Value diisikan 1 = SMA 2 = SMK).

  • Isikan data yang tersedia, setelah data diisi selanjutnya klik Analyzed >> Compare Means >> Independent Samples T test.

  • Selanjutnya akan muncul dialog seperti di bawah ini. Masukan Nilai Psikologi ke kotak Test Variable(s), dan sekolah ke kotak Grouping Variable.

  • Selanjutnya klik tombol Define Groups. Isikan Group 1 dengan angka 1 (kelompok SMA) dan Group 2 dengan angka 2 (kelompok SMK)

  • Klik continue lalu klik Ok. Setelah itu akan muncul hasil output seperti berikut:


Dilihat dari hasil output di atas, diketahui bahwa t hitung = -1,307 sedangkan t table pada tingkat sig 0,05 : 2 = 0,025 (Uji dua sisi) dengan drajat kebebasan n-2 = 18 nilai yang diperoleh adalah 2,101.

Berdasarkan Uji t
Jika -t table ≤ t hitung ≤ t table maka tidak ada perbedaan
Jika – t hitung < -t table atau t hitung > t table maka terdapat perbedaan
Dikarenakan t hitung < t table (-1,307 < 2,101) maka dapat disimpulkan tidak ada perbedaan nilai psikologi antara siswa SMA dan SMK.

Berdasarkan Signifikansi
Jika nilai Sig > 0,05 maka tidak ada perbedaan
Jika nilai Sig < 0,05 maka ada perbedaan
Diketahui bahwa nilai Sig > 0,05 (0,208 > 0,05), maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan nilai psikologi antara siswa SMA dan SMK

 

0 Response to "Tutorial Cara Melakukan Uji Beda Rata-rata Independent Sample Test Dengan SPSS"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel