--Advertisement--
Uji paired sample test digunakan untuk menguji perbedaan rata-rata antara dua kelompok data yang berpasangan.

CONTOH KASUS
Seorang mahasiswa melakukan penelitian tentang perbedaan nilai tes Bahasa Inggris antara sebelum dan sesudah adanya kursus Bahasa Inggris. Sample yang digunakan adalah sebanyak 15 orang. Data yang diperoleh adalah sebagai berikut:



  • Buka program SPSS, klik variable view. Selanjutnya isikan seperti gambar di bawah ini.

  • Isikan data yang tersedia, setelah data diisi selanjutnya klik Analyzed >> Compare Means >> Paired Samples T test.

  • Selanjutnya akan muncul dialog seperti di bawah ini, kemudian masukan variabel sebelum dan sesudah kursus Bahasa inggris ke kotak Paired Variables (Variabel 1 dan Variabel 2). Perhatikan gambar di bawah ini:

  • Klik OK


Dilihat pada table Paired Samples Statistics, diketahui bahwa terdapat hubungan sebesar 0,512 dengan nilai sig 0,05. Hal ini berarti terjadi hubungan sedang antara sebelum dan sesudah kursus Bahasa inggris.

Pengujian Hipotesis
Dilihat dari hasil output di atas, diketahui bahwa t hitung = -2,496 sedangkan t table pada tingkat sig 0,05 : 2 = 0,025 (Uji dua sisi) dengan drajat kebebasan n-2 = 12 nilai yang diperoleh adalah 2,145.

Berdasarkan Uji t
Jika -t table ≤ t hitung ≤ t table maka tidak ada perbedaan
Jika – t hitung < -t table atau t hitung > t table maka terdapat perbedaan
Dikarenakan t hitung < t table (-2,496 < - 2,101) maka dapat disimpulkan ada perbedaan nilai sebelum dan sesudah kursus Inggris.

Berdasarkan Sig
Jika nilai Sig > 0,05 maka tidak ada perbedaan
Jika nilai Sig < 0,05 maka ada perbedaan
Diketahui bahwa nilai Sig > 0,05 (0,026 > 0,05), maka dapat disimpulkan ada perbedaan nilai sebelum dan sesudah kursus Inggris.

Post a Comment

 
Top