--Advertisement--
Jika posisi teman-teman sedang bekerja saat mengerjakan skripsi, disini akan dijelaskan tips penelitian skripsi di tempat kerja sendiri. Tips penelitian skripsi di tempat kerja sendiri sangat diperlukan karena selain dapat menghemat biaya juga dapat menghemat energi. Dengan melakukan penelitian di tempat kerja sendiri, secara tidak langsung selain dapat bekerja juga dapat melakukan penelitian.

Disini kita akan mengetahui tentang tips penelitian skripsi di tempat kerja sendiri. Tips ini merupakan hal-hal yang dapat dilakukan ketika melakukan penelitian terutama di tempat kerja sendiri. Dengan begitu kita tidak perlu merasa bingung langkah-langkah apa saja yang perlu kita lakukan agar penelitian tetap berlangsung dengan lancar.



Berikut ini beberapa tips yang perlu dilakukan jika melakukan penelitian di tempat kerja sendiri.

Menentukan jenis penelitian

Yang pertama yang perlu dilakukan yaitu dapat menentukan jenis penelitian yang perlu dilakukan jika di tempat kerja sendiri. Kita juga harus menentukan teknik yang dilakukan seperti apa. Jenis penelitian ini dapat disesuaikan dengan tujuan dari isi skripsi. Sehingga materi dalam skripsi tidak menyimpang.

Menentukan kapan waktunya

Yang kedua yaitu menentukan kapan waktunya untuk mengadakan penelitian. Jangan sampai penelitian dilakukan ketika karyawan sedang sibuk-sibuknya sehingga tidak mengganggu jam kerja walaupun ditempat kerja sendiri.

Pengumpulan data

Pada poin ini yang perlu ditentukan yaitu apakah data yang dikumpulkan secara primer atau secara sekunder.  Data primer pada intinya merupakan data yang diperoleh melalui pengukuran secara langsung oleh peneliti sedangkan data sekunder dikumpulkan oleh pihak lain dan didokumentasikan sehingga digunakan kita sebagai peneliti. Walaupun di tempat sendiri hal ini perlu ditentukan. Kita juga perlu melakukan wawancara jika hal itu memungkinkan.

Menentukan populasi dan sampling

Poin ini perlu dilakukan supaya kita dapat mengambil data secara acak. Sebab tidak mungkin jika mengambil data secara keseluruhan apabila jumlah karyawan yang ada di tempat kerja banyak. Karena itu diperlukan pengambilan data yang dapat mewakili penelitian secara keseluruhan.
 

Pentingnya Tips Penelitian Skripsi di Tempat Kerja Sendiri


Beberapa tips yang telah disebutkan di atas penting untuk dilakukan. Karena hal itu merupakan bagian dari tahap pembuatan skripsi. Tentunya kita tidak ingin menghabiskan biaya yang lebih untuk sebuah penelitian bukan. 

Dengan tips yang sederhana seperti yang telah disebutkan di atas maka ada nilai lebih yang kita dapatkan. Yang pertama kita kurang lebihnya tahu tentang hal yang akan kita teliti begitu juga dengan karakteristik baik pada karyawan ,maupun pada hal lain yang ingin kita teliti. Demikian beberapa tips penelitian skripsi di tempat kerja sendiri semoga dapat menjadi manfaat serta menjadi informasi bagi yang sedang mengerjakan skripsi.
 

Plus Minus Peneitian Skripsi di Tempat Kerja Sendiri

Ketika kita melakukan penelitian di tempat kerja sendiri tentunya terdapat plus minus peneitian skripsi di tempat kerja sendiri. Atau dengan kata lain akan terdapat dampak negatif serta positifnya jika kita melakukan penelitian skripsi di tempat kerja sendiri.
Plus minus peneitian skripsi di tempat kerja sendiri merupakan hal yang harus diterima. Tentunya setiap tindakan yang dilakukan selain ada dampak yang dirasa menguntungkan juga akan ada yang merugikan bagi kita. Plus Minus Peneitian Skripsi di Tempat Kerja Sendiri
 
Nah, untuk mengetahui apa saja plus minus melakukan penelitian di tempat kerja sendiri berikut penjelasannya.

Plus

Yang pertama yaitu nilai plus dari penelitian skripsi yang dilakukan di tempat kerja sendiri.

Hemat waktu dan biaya
Nilai plus yang pertama yaitu hemat waktu dan uang. Dikatakan hemat waktu karena kita tidak perlu sering ijin untuk tidak masuk kerja dan melakukan penelitian skripsi di tempat lain. Sedangkan dikatakan hemat biaya karena kita tidak pelu mengeluarkan uang yang banyak untuk melakukan penelitian misalnya ongkos transport sebab kita harus kesana kemari melakukan penelitian.
Selain itu kita juga tidak merasa lelah karena penelitian skripsi dilakukan di tempat kerja sendiri sehingga kita dpat beraktifitas seperti biasanya. 

Lebih terasa santai
Melakukan penelitian di tempat kerja sendiri tentu akan lebih terasa santai sebab penelitian kita lakukan kepada teman kerja sendiri. Sehingga rasa kekeluargaan dapat dirasakan dan kita tidak perlu terlalu kaku jika ingin meminta data dari teman-teman kerja kita. 

Minus

Seperti yang diulas di atas, selain plus juga ada minusnya. Berikut ini beberapa minus dari melakukan penelitian di tempat kerja sendiri.

Kurang fokus
Yang pertama yaitu kita kurang fokus terutama ketika sedang bekerja. Konsentrasi akan terbagi antara penelitian dengan pekerjaan yang sedang kita lakukan. Solusi yang dapat kita lakukan yaitu dengan menjadwalkan waktu kapan kita akan melakukan penelitian sehingga kita dapat lebih fokus bekerja.

Kadang jawaban tidak jujur
Yang kedua yaitu terkadang jawaban yang dilakukan tidak jujur. Misalnya kita membagikan kuesioner kepada teman-teman kerja. Bisa saja mereka memberikan jawaban yang bagus karena kita merupakan teman kerja mereka atau agar citra perusahaan dapat menjadi bagus.
Mengetahui Plus Minus Peneitian Skripsi di Tempat Kerja Sendiri

Dengan mengetahui plus minus dari penelitian skripsi di tempat kerja sendiri yang telah disebutkan di atas maka setidaknya kita dapat berhati-hati terutama terhadap resiko yang diterima. Karena itu sangat penting jika kita dapat merencanakan kapan dan dimana kita akan melakukan penelitian. Demikian beberapa informasi tentang plus minus peneitian skripsi di tempat kerja sendiri semoga dapat menjadi manfaat.

Post a Comment

 
Top