--Advertisement--
Mengerjakan skripsi lebih menyenangkan jika sugesti bisa ditanamkan kuat dalam hati. Hilangkan pikiran jelek yang akan menguras waktu dan tenaga kita, sehingga pengerjaan skripsi akan terhambat. Pengerjaan skripsi membutuhkan konsentrasi penuh karena pengerjaan skripsi akan berbeda dengan pengerjaan karya ilmiah lainnya.Yang terpenting pusatkan hati dan pikiran kita supaya pengerjaan skripsi akan terasa lebih mudah dan menyenangkan.

Kenyataannya, tidak semua mahasiswa dengan mudah mengenali dan mengetahui bagaimana agar mengerjakan skripsi lebih menyenangkan sehingga tidak menjadi beban yang akan membuat pikiran stres. Ikuti tips yang akan penulis uraikan, mudah-mudahan bisa membantu kita yang kesulitan mengerjakan skripsi.


“Sugesti atau tanamkan dalam hati kita bahwa mengerjakan skripsi itu mudah dan menyenangkan.”

Dalam pengerjaan skipsi akan lebih baik jika dikerjakan tidak terburu-buru dan yakinkan dalam hati kita bahwa kita mampu mengerjakannya. Hindari pikiran yang tertekan dan buatlah santai tapi pasti.

“Dalam proses pengerjaan skripsi persiapkan mental dan motivasi yang kuat”

Hindari pengerjaan skripsi terlalu tinggi atau idealisme berlebihan, sebaiknya sesuaikan dengan kadar kemampuan kita. Terlalu membandingkan dan menantang tingkat kesulitan akan menyebabkan kita minder dan tidak percaya diri dengan kemampuan yang kita miliki. Perlahan tapi selesai dengan baik sampai lulus sidang.

“Jalin komunikasi yang baik dengan dosen pembimbing”

Tidak ada satu pun pembimbing yang senang mempersulit mahasiswanya dalam mengerjakan skripsi. Biasanya karena miskomunikasi yang terjadi antara dosen pembimbing dan mahasiswa atau karena mahasiswa tidak menguasai topik atau bahan penelitian. Komunikasi yang terarah antara kedua belah pihak akan memudahkan pengerjaan skripsi lebih menyenangkan.

”Ambilah kajian yang sederhana”

Ambil topik yang mudah dipahami, tidak masalah judul yang umum dan terkesan pasaran juga asalkan materi tersebut mampu kita kuasai dengan baik sehingga dosen akan ringan tangan dalam membubuhkan tandangannya untuk ACC. Yang terpenting kita menguasai latar belakang dan masalah yang akan kita teliti.

“Pahamilah tahap penyusunan prosedur penelitian”
Penelitian akan cepat selesai jika kita menguasai tahap-tahapannya dengan baik. Memang baisanya beda kampus akan berbeda cara dan format penulisan tapi intinya sama. Adapun tahapan yang umum biasanya diawali dengan pendahuluan teori dan hipotesis metode dan penelitian hasil dan pembahasan kemudian yang terakhir kesimpulan.

“Kerjakan skripsi dengan profesional”
Pengerkjaan skripsi membutuhkan kepercayaan diri. Tentunya harus lebih profesional dalam melangkah dan melecut semangat antara tenaga dan pikiran harus seimbang. Jikalau kita merasa letih ada baiknya istirahat dulu jangan terlalu memposir tenaga dan pikiran, kumpulkan energi untuk mengistirahatkan tubuh supaya nanti hasilnya lebih baik.

“Tidak terlalu berpengaruh ketika ada teman yang skripsinya selesai kemudian sidang”

Meskipun sepele tapi berpengaruh kuat dalam pikiran kita ketika teman kita lebih dulu selesai skripsinya kemudian sidang. Berpikirlah jernih dan positif. Bahwa level kemampuan setiap orang itu berbeda dan tidak bisa disamakan atau mungkin teman kita tidak menemukan kendala karena materi yang disajikan tidak menemukan tingkat kesulitan yang tinggi. Ingatlah kemampuan setiap manusia tidak bisa disamakan.

“Hindari malas berlebihan dan perbanyaklah bertanya ketika menemukan kesulitan”

Jika mengalami kesulitan jangan malu atau malas untuk bertanya karena semakin kita enggan bertanya maka pengerjaan skripsi akan molor atau terhambat. Manfaatkan waktu sebaik mungkin baik untuk bertanya maupun melengkapi data yang belum selesai supaya pengerjaaan akan beres sesuai dengan target yang kita tentukan.

Post a Comment

 
Top