Tips Memilih Tempat Untuk Mengerjakan Skripsi

Mengerjakan skripsi membutuhkan konsentrasi penuh. Mengerjakan skripsi tidak lah sama seperti ngerjain tugas nulis essey atau mereview buku dan film. Skripsi membutuhkan pendalaman teori, riset dan nalar yang komprehensip. Hilangkan pikiran jelek yang akan menguras waktu dan tenaga kita, sehingga pengerjaan skripsi akan mudah terhambat.

Sayangnya tidak semua mahasiswa dapat dengan mudah memusatkan konsentrasinya pada skripsinya. Untuk mencapai fokus yang menghadirkan kreativitas dan produktivitas menulis terkadang dibutuhkan tempat-tempat tertentu dan suasan-suasana tertentu yang akan membuat hati nyaman dan pikiran terbuka sehingga ide dan wacana akan mudah tergali.


Berikut tips memilih tempat untuk mengerjakan skripsi agar fokus sehingga menulis menjadi lebih produktif dan kreatif.

Perpustakaan

Bagi kita yang menyukai suasana hening, senyap, intinya minim kegaduhan maka perpustakaan menjadi tempat yang paling cocok untuk mengerjakan skripsi. pilihannya tentu saja tidak hanya perpustakaan kampus. Jika menurut kita koleksi buku perpustakaan kampus sudah tidak memadai kita bisa mengunjungi perpustakaan lain seperti perpustakaan daerah. Disana juga kita bisa mendapatkan fasilitas Wi-Fi gratis sehingga tetap bisa brouwsing literatur dari internet dengan murah.

Ruang kelas kosong

Ruang kelas yang kosong bisa menjadi alternatif untuk mengerjakan skripsi bagi kita yang suka suasana hening. Mengerjakan skripsi di ruang kelas yang kosong bisa membuat pikiran kita berkonsentrasi penuh karena tidak terganggu suara-suara bising. Pilihlah waktu sore hari agar susanaya lebih nyaman. 

Tempat makan

Kantin kampus bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengerjakan skripsi. Disamping waktu santai sambil mencicipi makanan ringan supaya meminimalisir rasa jenuh dan rasa kantuk ketika datang mendera. Hindari makanan berat supaya pikiran kembali jernih utuk menyelesaikan skripsi yang tertinggal.

Taman

Taman kota atau taman kampus bisa membantu mempermudah pengerjaaan skripsi. Pemandangan nuansa hijau dan udara yang segar bisa merefresh pikiran kita supaya ide-ide kreatif tergali dengan mudah sehingga pengerjaan skripsi akan terkejar dari ketertinggalan.

Caffe

Caffe akan memberikan nuansa tersendiri dalam pengerjaan skripsi. Suasana yang nyaman ditemani secangkir kopi dan cemilan akan membuat pikiran lebih berkonsentrasi. Memang terkadang ulah para pengunjung akan membuat pikiran kita tergoda, makanya pada saat mengerjakan skripsi sebaiknya kita duduk di pojok menyendiri.

Rumah

Memilih rumah sebagai tempat menulis skripsi merupakan hal yang baik. Tapi perlu kita ingat sebaiknya pilih bagian rumah yang memiliki pencahayaan sinar matahari yang baik dan sirkulasi udara lancar. 

Tanpa kita sadari ternyata cahaya matahari yang cukup, udara yang segar dan hembusan angin yang sejuk memiliki pengaruh positif bagi produktivitas kerja kita. Cahaya matahari secara alami dapat mengantarkan vitamin D ke dalam tubuh kita, dengan tubuh yang sehat maka otak kita akan bekerja lebih produktif. Apaila di rumah kita ada teras, beranda atau balkon, manfaat tempat tersebut buat konsentrasi dan fokus mengerjakan skripsi kita.

Taman Baca Masyarakat atau Rumah Baca

Jika di lingkungan tempat kita tinggal ada fasilitas rumah baca atau TBM (Taman Baca Masyarakat) bisa dijadikan salah satu alternatif tempat pavorit pengerjaan skripsi. Disamping bisa mendapatkan referensi yang banyak, TBM memiliki area yang nyaman karena berpusat di taman yang indah dan nyaman. Akan cocok apabila kita mencari ide atau wacana di tempat-tempat terbuka yang jauh dari hiruk-pikuk kebisingan.

0 Response to "Tips Memilih Tempat Untuk Mengerjakan Skripsi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel