Prosedur Penelitian (Langkah-langkah dan Tahapan Melakukan Penelitian)

Prosedur penelitian perlu dipahami oleh mahasiswa sebelum melakukan penelitian. Prosedur penelitian merupakan tahapan atau  langkah-langkah bagaimana penelitian itu harus dilakukan. Pemahaman ini sebetulnya penting diterapkan kepada mahasiswa jauh saat mahasiswa berada di tingkat 1. Saat itu mahasiswa harus sudah dikenalkan dan dilatih dengan melakukan penelitian. Dimulai dari hal-hal yang sederhana seperti diberikan tugas mengumpulkan data, tabulasi data atau sekedar bantu memeriksa spelling bimbingan skripsi kakak tingkat mereka.


Jika dilihat dari kedalaman atau luasnya penelitian, terdapat bentuk-bentuk laporan penelitian diantaranya berupa makalah/paper hasil pembahasan buku-buku, jurnal penelitian, skripsi, tesis dan disertasi. Perbedaan diantara itu semua hanya terletak pada luasnya permasalahan dan manfaat dari tiap-tiap penelitian yang dilakukan. Secara garis besar semua itu mempunyai persyaratan dan prosedur penelitian yang sama sesuai dengan jenis dan metode penelitian yang digunakan.
Pada artikel ini akan disampaikan dan dijelaskan prosedur atau langkah-langkah melakukan penelitian. Jika kita menitikberatkan pada kegiatan administratif, langkah-langkah atau prosedur penelitiannya yaitu:
  1. Pembuatan Rancangan Penelitian
  2. Pelaksanaan penelitian
  3. Pembuatan Laporan Penelitian
Ketiga langkah tersebut masih terlalu luas agar prosedur penelitian lebih tergambar jelas, maka akan penjelasan prosedur penelitian akan dijelaskan lebih terperinci, spesifik dan detail. Langkah-langkah atau prosedur penelitian tersebut adalah
  1. Memilih Masalah
  2. Studi Pendahuluan
  3. Merumuskan Masalah
  4. Merumusan Anggapan dasar lalu merumuskan hipotesis
  5. Memilih Pendekatan
  6. Menentukan Variabel dan Sunber Data
  7. Menentukan dan Menyusun Instrumen
  8. Mengumpulkan Data
  9. Analisis Data
  10. Menarik Kesimpulan
  11. Menulis Laporan
Perhatikan Bagan Arus Kegiatan Penelitian di bawah ini


   
Berikut merupakan penjelasan setiap tahapan penelitian yang sudah disebutkan di atas

Memilih Masalah

Penelitian yang baik tentu penelitian yang hasilnya dapat bermanfaat bagi khalayak. Satu hal yang mendasari kenapa penelitian itu perlu dilakukan adalah karena adanya masalah. Berbicara mengenai masalah tentu akan selalu ada masalah dalam kehidupan ini besar ataupun kecil. Ada masalah yang bisa diselesaikan segera tanpa penelitian dan ada masalah yang harus diselesaikan dengan melakukan penelitian terlebih dahulu bahkan ada juga masalah yang tidak bisa diselesaikan melalui penelitian karena kekurangan informasi dan data.

Memilih masalah bukanlah suatu pekerjaan yang mudah terutama bagi orang-orang yang belum mempunyai pengalaman dalam hal penelitian. Oleh karena itu calon peneliti atau peneliti khususnya mahasiswa harus punya kepekaan terhadap masalah`

Studi Pendahuluan

Setelah masalah ditemukan tentu perlu suatu kajian khusus terhadap masalah itu sendiri apakah perlu diteruskan atau tidak. Studi pendahuluan merupakan tahapan penjajakan kemungknan apakan penelitian akan diteruskan atau tidak. Hal ini dimaksudkan untuk mencari informasi yang diperlukan oleh penelitia agar masalahnya menjadi lebih jelas kedudukannya.

Merumuskan Anggapan Dasar

Anggapan dasar merupakan sesuatu yang diyakini kebenarannya oleh peneliti yang akan berfungsi sebagai hal-hal yang dipakai untuk tempat berpijak bagi peneliti di dalam melaksanakan penelitiannya (Arikunto).

Merumuskan Masalah

Apabila telah diperoleh informasi yang cukup dari studi pendahuluan/studi eksploratoris maka masalah yang akan diteliti menjadi jelas. kemudian peneliti harus merumuskan masalahnya sehingga jelas dari mana dan harus mulai bagaimana dan harus kemana.

Hipotesis

Jika anggapan dasar merupakan dasar fikiran yang memungkinkan dilakukan penelitian, maka hipotesis adalah kebenaran sementara yang ditentukan oleh peneliti namun hal tersebut masih harus dibuktikan, dites, diuji kebenarannya. Hipotesis merupakan sesuatu dimana penelitian kita diarahkan ke sana. tidak semua penelitian menggunakan hipotesis seperti contohnya jenis penelitian kualitatif langkah ini dapat dilewati.

Memilih Pendekatan

maksud hal ini adalah metodo atau cara penelitian yang digunakan. contohnya eksperimen atau non eksperimen, kuantitatif atau kualitatif. penentuan pendekatan ini sangat menentukan apa variabel atau objek penelitian yang diteliti sekaligus menentukan subjek penelitian atau sumber di mana kita memperoleh data

Menentukan Variabel dan Sumber Data

Disini peneliti harus sudah mengetahui apa yang akan diteliti dan dari mana data diperoleh? keduanya harus jelas diidentifikasikan agar penelitian dapat dilakukan dengan alat dan data yang tepat.

Menentukan dan Menyusun Instrumen Penelitian

Langkah selanjtnya yang harus dilakukan oleh peneliti adalah bagaimana dan menggunakan apa data itu dikumpulkan. Instrumen ini tergantung dari jenis data dan dari mana data ini diperoleh.

Mengumpulkan Data

Apabila peneliti sudah menentukan jenis data dan data seperti apapp yang akan dikumpulkan selanjutnya peneliti melakukan tahapan pengumpulan data. Pengumpulan data ini harus dilakukan dengan benar karena jika data yang dikumpulkan salah dan tidak sesuai maka hasil penelitiannya pun akan salah dan bisa dikatan penelitian palsu

Analisis data

Analisis data tidak sesulit saat kita melakukan tahapan penelitian dari awal. setela data terkumpul selanutnya peneliti menganalisis data yang sudah dikumpulkan. menganalisis data perlu ketekunan dan pengertian terhadap jenis data. jenis data akan menuntut kita terhadap teknik analisa data yang akan digunakan.

Menarik Kesimpulan

Langkah ini sebetulnya sudah merupakan langkah terakhir dari kegiatan penelitian. peneliti mengambil kesimpulan dari hasil olah dan analisis data lalu dicocokan dengan hipotesis yang telah dirumuskan. satu hal yang harus dimiliki oleh peneliti adalah sikap jujur dalam menarik sesuatu kesimpulan penelitian. peneliti tidak boleh mendorong atau mengarahkan agar hipotesisnya terbukti.

Menyusun Laporan

kegiatan peneliatan menuntut agar hasilnya disusun dalam bentuk laporan yang baik agar hasil dan prosedur yang digunakan dapat diketahui orang lain.


SUMBER BACAAN:
PROSEDUR PENELITIAN SUATU PENDEKATAN PRAKTIK
PROF. DR. AUHARSIMI ARIKUNTO
TAHUN 2006

0 Response to "Prosedur Penelitian (Langkah-langkah dan Tahapan Melakukan Penelitian)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel