--Advertisement--
Tahapan atau prosedur penelitian awal yang dilakukan oleh peneliti adalah bagaimana dapat menemukan dan memilih masalah untuk diteliti. hal ini bukan merupakan sesuatu yang mudah bahkan dapat dikatakan sulit bagi para peneliti. Dari mana masalah bisa diperoleh? tentu masaslah merupakan bagian dari kebutuhan seseorang atau orang banyak untuk dipecahkan. Penelitian dilakukan karena adanya masalah untuk dipecahkan dan ingin mendapatkan jawaban dan solusi dari masalah yang dihadapi. masalah dapat datang dari berbagai masalah.


Masalah dapat diperolah dari kehidupan sehari-hari. Masalah dapat diperoleh karena menjumpai hal-hal yang aneh, ketidaksesuaian yang didorong oleh keinginan untuk mencari solusi untuk memperbaiki atau menemukan hal baru sebagai pemecah masalah yang ditemukan. Selain itu masalah juga dapat diperoleh dari hasil membaca atau diberi orang lain. Para peneliti khususnya pemula  seperti mahasiswa seharusnya mempunya kepekaan dan ada dorongan dari dalam diri terhadap masalah-masalah di sekitarnya terutama masalah mengenai sesuatu yang berhubungan dengan background pendidikannya. Sehingga dengan begitu penelitian akan berjalan dengan baik dan menyenangkan karena peneliti mnghayati dan mendalami masalahnya.

Ada beberapa hal yang harus terpenuhi sebelum peneliti memilih masalah dan menentukan judul penelitian. Berikut merupakan hal-hal yang harus dipenuhi :

Penelitian harus sesuai dengan minat penelitian

Meneliti bukan pekerjaan yang mudah, kegiatan ini harus betul-betul diniati. apabila masalah dan judul penelitian tidak sesuai dengan minat, peneiti biasanya tidak akan bergairah untuk melaksanakannya. Sehingga hasilnya kurang baik atau bahkan terhenti.

Faktor minat ini terlihat bersifat subjektif. namun biasanya biasanya faktor ini berkaitan erat dengan hal yang bersifat normal dan formal yaitu keahlian. Bagi peneliti yang bukan mahasiswa atau pemula, selain minat secara etis dipersyaratkan bahwa masalah yang diteliti harus sesuai dengan bidang keahliannya. di samping hasil akan lebih baik, manfaat lain adalah pertanggung jawaban ilmiah.

Penelitian dapat dilaksanakan

Menurut Arikunto ada 4 hal yang harus peneliti pertimbangkan apakah dapat dilaksanakan atau tidak ditinjau dari diri peneliti.
  1. Peneliti mempunyai kemampuan untuk meneliti masalah yang diambil, artinya menguasai teori yang melatar belakangi masalah dan menguasai metode untuk memecahkannya.
  2. Peneliti mempunyai waktu yang cukup sehingga tidak asal selesai
  3. Peneliti mempunyai tenaga ntuk melaksanakan, dalam arti cukup kuat fisik untuk merencanakan, menyusun alat pengumpulan data, mengumpulkan data dan menyusun laporan.
  4. mempunyai dana cukup untuk melakukan penelitian

Tersedianya faktor pendukung

faktor pendukung ini bersumber dari eksternal peeneliti, hal-hal tersebut antara lain :
  1. Tersedia data sehingga pertanyaan penelitian dapat dijawab.
  2. Adanya izin dari yang berwenang.

Hasil penelitian bermanfaat

Syarat ini adalah syarat yang terpenting untukmelakukan penelitian. Haasil penelitian diharapkan bisa menjadi solusi untuk masalah yang diteliti, hasil karya bisa berdampak pada kemajuan ilmu pengetahuan dan bisa mengembangkan sesuatu. Oleh karena itu setiap peneliti baik mahasiswa taupun dosen harus siap dengan jawababan andai ada orang yang mengajukan pertanyaan "Apa manfaat penelitian Anda?


Post a Comment

 
Top