--Advertisement--
Dosen pembimbing memiliki peranan yang sangat penting dalam proses penulisan skripsi. Tanggung jawab mereka sangat dibutuhkan guna memastikan bahwa mahasiswa yang dibimbingnya mampu dengan baik menyelesaikan skripsi hingga siap untuk diujikan.

Kerjasama antara mahasiswa dengan dosen pembimbingnya sangat diperlukan untuk kelancaran dan keberhasilan bimbingan skripsi. Oleh karena itu diperlukan interaksi dua arah yang harmonis, dialogis dan beretika.
Namun, dalam proses bimbingan kerap terjadi permasalahan yang dikeluhkan baik oleh sang dosen maupun mahasiswa. Dosennya susah dihubungi, mahasiswanya terlalu mengulur-ulur waktu untuk menyelesaikan penelitiannya sehingga tiba waktu deadline, sampai masalah etika seperti cara berkomunikasi, berpakaian dan lain-lain.

Etika dalam pergaulan merupakan sesuatu yang sangat penting dalam menentukan baik atau tidaknya hasil yang akan dicapai. Begitu juga pada saat kita berhubungan dengan dosen pembimbing diperlukan etika yang baik. Mulai dari cara menghubungi dosen pembimbing sampai pada saat kita bertemu mereka di tempat bimbingan.

Bagaimana etika dalam bimbingan yang seharusnya? 

Pahami tipe dosen

Karena setiap dosen memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda, maka penting bagi kita untuk mengenali dan memahami mereka terlebih dahulu. Jika kita tidak memahami tipe mereka maka bisa jadi berbagai masalah akan dihadapi. 

Cari tahu jam sibuk dosen

Dosen pembimbing kita pasti punya banyak waktu sibuk, seperti sedang memberikan kuliah, rapat, sedang seminar ataupun sedang membimbing mahasiswa lain. Jadi pastikan kita tidak mencoba menghubunginya pada saat jam sibuk. Atau kita jangan menghubungi mereka pada saat waktu masih terlalu pagi atau terlalu malam. 

Sopan dalam menghubungi dosen

Sopan santun menjadi syarat mutlak dalam berinteraksi dengan sesama. Terlebih dengan dosen pembimbing kita. pada saat kita akan menghubungi dosen pembimbing baik dengan sms, bbm, wa, atau ditelepon, maka wajib hukumnya menggunakan tutur kata yang sopan dan santun.
Cara menghubungi dosen yang baik?

Ucapkan salam. Apabila kita menghubungi dosen melalui pesan singkat sms, bbm, atau wa maka jangan menulis kalimat salam dengan singkatan misalkan “ass, mekum, atau askum” dan sejenisnya, tulis saja secara lengkap. Demikian juga isi dari pesan kita hindari dari pemakaian bahasa alay atau singkatan yang ambigu. 

Perkenalkan diri kita. Perlu diingat bahwa dosen pembimbing kita tidak mungkin menghapal semua mahasiswanya. Oleh karena untuk menghindari salah faham kenalkan nama kita, tahun angkatan dan prodi untuk mempermudah dosen mengingatnya.

Sampaikan tujuan atau keperluan kita secara singkat padat dan jelas, tidak usah bertele-tele. Ucapakan maaf untuk menunjukan kerendahan hati kita. 

Buatlah janji dengan dosen kita untuk bimbingan. Tapi sebelum membuat janji untuk berkonsultasi sebaiknya waktunya dipikirkan terlebih dahulu secara baik. Dan pastikan kita sudah datang ditempat bimbingan yang sudah disepakati on time, paling tidak 10-15 menit dari jadwal konsultasi.

Ucapkan terima kasih. Sebagai mahasiswa yang beretika baik maka pantas dan seharusnya mengucapkan terima kasih pada dosen kita yang telah membantu membimbing penyusunan skripsi kita.

Tatakrama dalam berpakaian juga perlu diperhatikan. Selain untuk menghormati dosen pembimbing kita, berpakaian sopan, pantas dan rapih juga menunjukan kalau kita seorang mahasiswa yang baik, taat aturan dan tidak urakan. 

Bawalah dokumen yang diperlukan seperti kartu bimbingan setiap saat kita konsultasi bimbingan skripsi. Walaupun sifatnya administratif tapi penting agar bimbingan skripsi kita dapat terpantau oleh dosen.

Post a Comment

 
Top