Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wajib tau! Klasifikasi Jenis-jenis Metode Penelitian yang Sering Dipakai

Pembahasan tentang metode penelitian, pastinya tidak akan jauh-jauh dari para mahasiswa dalam proses perkuliahannya, akan diajari mengenai pelaksanaan dari penelitian ini. yap betul, kegiatan penelitian adalah upaya yang paling handal untuk melatih para mahasiswa supaya dapat berpikir kritis dan bertindak secara sistematis.

Perlu diketahui kegiatan penelitian itu dapat dilakukan di semua bidang studi dan merupakan salah satu tanggung jawab dari para mahasiswa. Skripsi dan tesis itu juga beberapa wujud dari sebuah kegiatan penelitian. Meskipun kegiatan penelitian ini dapat dilakukan di semua bidang studi, tetapi metode penelitiannya dapat berbeda-beda, tergantung dari bagaimana data yang hendak diambil oleh peniliti.

Lalau, apa saja nih jenis-jenis metode penelitian itu? Apa pula jenis-jenis data yang biasa terdapat dalam kegiatan penelitian? Yuk simak penjelasan berikut ini!

Klasifikasi jenis metode penelitian

Perlu diketahui juga bahwa metode penelitian adalah cara atau upaya untuk memperoleh suatu data. Data ini nantinya akan dideskripsikan, dibuktikan, dikembangkan, dan juga ditemukan akan adanya teori pasti dari data tersebut. Sebuah kegiatan penelitian umumnya memang dilakukan untuk memahami, memecahkan, sekaligus mengantisipasi permasalahan yang muncul dalam kehidupan manusia.

Metode penelitian berdasarkan jenis dan analisisnya

1. Penelitian Kuantitatif

Menurut Robert Donmoyer (dalam Norjanah: 2014), penelitian kuantitatif merupakan pendekatan-pendekatan terhadap kajian empiris untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menampilkan data dalam bentuk numerik (angka) daripada naratif. Penelitian ini biasanya dilakukan apabila hendak memperoleh hasil yang akurat karena mengandalkan perhitungan.

Contohnya adalah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui perbedaan efektivitas model pembelajaran konvensional dalam upaya menigkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran matematika di suatu sekolah.

2. Penelitian Kualitatif

Penelitian ini biasanya dilakukan untuk memberikan sebuah penjelasan mengenai suatu fenomena dan nantinya akan mengkonstruksi suatu teori yang berkaitan dengan fenomena tersebut. Metode penelitian ini kebanyakan berbentuk naratif.

Contohnya adalah penelitian mengenai nilai-nilai yang terdapat pada suatu novel dan kelayakannya sebagai media pembelajaran sastra di suatu jenjang sekolah.

3. Penelitian Gabungan

Penlitian gabungan merupakan metode dengan mengkombinasikan antara penelitian kuantitatif dengan penelitian kualitatif. Contohnya adalah penelitian yang berupa angka (kuantitatif), kemudian dijabarkan menggunakan bentuk naratif (kualitatif) yang berupa wawancara dengan informan.

Metode Penelitian berdasarkan teknik yang digunakan

1. Penilitan Survey

Metode penelitian adalah penelitian yang dilakukan pada sebuah populasi besar maupun kecil. Data yang dipelajari juga nantinya berupa sampel dari populasi tersebut, yang kemudian akan ditemukan kejadian-kejadian relatif, distribusi, dan hubungan-hubungan antar variabel, baik secara sosiologis maupun secara psikologis.

2. Penelitian Sejarah

Penelitian ini berkaitan dengan analisis secara logis terhadap kejadian-kejadian yang berlangsung di masa lalu. Dan sumber datanya beragam, mulai dari orang atau informan yang terlibat langsung dalam kejadian di masa lalu tersebut hingga dokumentasi yang berkenaan dengan kejadian tersebut.

Metode Penelitian Berdasarkan Tujuan

1. Penelitian Dasar

Dalam metode ini biasanya diperuntungkan untuk pengembangan suatu ilmu pengetahuan dan diarahkan pada pengembangan teori untuk menemukan sebuah teori yang baru.

2. Penelitian Terapan

Metode ini merupakan jenis penelitian yang hasilnya dapat secara langsung diterapkan dalam memecahkan permasalahan yang tengah dihadapi.

3. Penelitian Evaluatif

Metode penelitian ini adalah bagian dari penelitian terapan, tetapilebih fokus pada keiatan mengukur keberhasilan akan suatu program, produk atau sebuah kegiatan tertentu.


Metode Penelitian Berdasarkan Sifat

1. Penelitian Deskriptif

Pada metode ini nantinya kamu akan berusaha memberikan secara sistematis dan cermat mengenai fakta-fakta aktual dan bersifat dari populasi tertentu. Sesuai dengan namanya, maka cara penyampaiannya adalah berbentuk deskriptif.

2. Penelitian Pengembang

Metode penelitian ini nantinya akan menyelidiki pola dan proses pertumbuhan atau perubahan akan suatu hal sebagai fungsi dari waktu. Cotohnya adalah penelitian yang berbentuk pengembangan sistem penerimaan siswa baru di suatu sekolah untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas. 

3. Penelitian kasus dan penelitian lapangan 

Metode ini berfokus pada suatu kasus secara insentif dan terperinci mengenai latar belakang keadaan yang sedang dipermasalhkan. Tujuannya adalah untuk mempelajari secara insentif tentang latar belakang keadaan, dan interaksi lingkungan pada unit sosial, yaitu individu, kelompok, lembaga, dan juga masyarakat.

Metode penelitian berdasarkan tingkat eksplanasi

1. Penelitian Deskriptif

Sesuai dengan namanya, maka penelitian ini dilakukan dalam bentuk deskripsi. Tujuanya adalah untuk mengetahui nilai dari variabel mandiri, baik satu varibael.

2. Penelitian Komparatif 

Penelitian ini bersifat membandingkan, Variabelnya masih sama dengan penelitian varibael mandiri., tetapi sampelnya harus lebih dari satu dalam waktu yang berbeda. Contohnya adalah penelitian mengenai kualitas prestasi belajar siswa di pedesaan di bandingkan dengan kualitas prestasi belajar siswa di perkotaan.

3. Penelitian Asosiatif

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara dua variabel atau lebih di dalamnya. Penelitian ini dapat dibangun dengan suatu teori yang berfungsi untuk menjelaskan.

Demikian pembahasan singkat tentang klasifiksi jenis-jenis metode penelitian yang sering dipakai semoga dapat menjadi pengetahuan atau ilmu bagi anda.

Penulis : Riko Pebrian