Ayo Ubah Kebiasaan Agar Tidak Menunda-nunda Pekerjaan

Kebiasaan menunda-nunda pekerjaan selalu tidak jauh dari kegiatan pada banyak orang, terutama mahasiswa. Kita semua tentu pernah menunda untuk mengerjakan suatu hal, misalnya tugas kuliah, sangat wajar untuk menghindari mengerjakan tugas karena dianggap sebagai hal-hal yang tidak menyenangkan. Tapi bagaimana jika menunda-nunda dapat merugikan kamu?

Kamu dapat menunda kegiatan apa saja mulai dari mengerjakan tugas sampai mencuci baju. Sebenarnya tidak masalah kalau kamu benar-benar melakukan hal-hal itu besok harinya seperti yang kamu janjikan kepada diri sendiri. Tapi pada esok harinya, kamu mungkin belum tentu mengerjakan juga pekerjaan yang sudah kamu tunda di hari kemarin.

Sebenarnya ketika kamu menunda-nunda itu termasuk kedalam bentuk penipuan secara halus terhadap diri kamu sendiri. Kamu berpikir kalau sebuah pekerjaan dapat menjadi lebih ringan kalau tidak segera dikerjakan, bersantai karena masih banyak waktu untuk mengerjakan tugas tersebut. Tapi pada kenyataannya, kamu tidak benar-benar bersantai karena kamu melakukan hal lain yang tidak terlalu penting dan pekerjaan tersebut hanya dibiarkan saja. Terus bagaimana cara agar tidak terbiasa menunda-nunda?

Tidak mengerjakan pekerjaan dekat dengan tenggat waktu

Kamu mungkin merasa kalau hasil pekerjaanmu tidak maksimal ketika mengerjakan tugas di waktu luang dibanding dengan mengerjakan saat dekat dengan deadline. Katakanlah, kamu diberi waktu satu minggu untuk mengerjakan tugas membuat makalah, tapi kamu hanya mengerjakannya dalam waktu satu hari sebelum deadline dan diikuti dengan begadang semalaman. Setelah kamu bisa menyelesaikan tugas tersebut dalam waktu semalam saja ajaibnya kamu bisa mendapat nilai yang bagus. Namun bukan mendapat nilai yang bagus yang menjadi poin penting, tetapi proses kamu mengerjakan tugas tersebut hanya dalam sehari dapat merugikan diri sendiri, berbeda dengan mengerjakan saat kamu masih punya waktu luang, agar kamu tidak terburu-buru dalam mengerjakannya.

Ubah kebiasaan menunda

Mengubah suatu kebiasaan memang tidak mudah, terutama kebiasaan yang buruk seperti menunda pekerjaan. Tapi jangan sampai kamu berpikir kalau menunda-nunda pekerjaan sudah termasuk kedalam kebiasaan yang sulit untuk kamu ubah, kebiasaan buruk harus dihentikan dan diganti dengan yang lebih baik. Apalagi kalau kamu sudah memasuki semester akhir dan dihadapkan dengan mengerjakan skripsi, mengerjakan skripsi memang bukan hal yang menyenangkan untuk dilakukan, tapi mau tidak mau kamu tetap harus membuatnya kan, agar kamu bisa lulus. Coba yakinkan diri sendiri kalau kamu tidak perlu menunda untuk mengerjakan tugas tersebut. Asal kamu punya niat untuk mulai mengerjakan semua bisa menjadi lancar, karena memulai sesuatu adalah bagian yang paling sulit.

Mulai mengerjakan secara bertahap

Kalau kamu sudah memasuki semester akhir kamu akan dihadapkan dengan skripsi, dan seringkali skripsi dapat terlihat mengintimidasi jika tidak segera mulai dikerjakan. Apalagi ketika kamu akan mengerjakan skripsi kamu tidak bisa hanya duduk dan langsung mulai menulis skripsi tersebut. Skripsi tersebut harus dikerjakan secara bertahap agar hasilnya sempurna, buat rencana apa yang perlu dilakukan. Jelas, langkah pertama adalah penelitian, baik di perpustakaan atau di internet. Kemudian buat draf untuk menuliskan kerangka penelitian untuk skripsi. Tulisan yang sebenarnya berada di urutan ketiga. Dan kemudian yang terakhir adalah edit¬ dan revisi. Orang sering menunda-nunda karena mereka tidak tahu harus mulai dari mana dan bagaimana maju. Jangan ragu-ragu untuk membuat rencana yang solid dan mulai mengerjakan.

Bulatkan tekad dan tetapkan niat

Tekad dan niat kamu untuk memulai pekerjaan juga harus jelas dan mudah untuk kamu terapkan oleh dirimu sendiri. Kamu dapat menggunakan rumus sederhana yang ditemukan oleh psikolog dari Kanada bernama Timothy Pychyl, disitu ia memberikan penjelasan kalau dalam situasi X saya akan melakukan perilaku Y untuk mencapai hasil Z.

Saat diterapkan, dapat terlihat seperti ini: Dalam situasi X (saya akan pergi ke kampus untuk kuliah dan saya mendapat tugas membuat makalah), saya akan melakukan kegiatan Y (Saya akan segera pergi ke perpustakaan, mencari buku tentang topik yang sesuai dan membaca untuk mencari informasi tentang topik tersebut), agar mencapai hasil Z (untuk mendapatkan semua bahan untuk tugas menulis makalah saya).

Beri hadiah untuk diri sendiri

Ini sama pentingnya dengan kemauan yang kuat. Diri kamu sendiri pasti senang mendapatkan hadiah dan jangan lupa untuk menghadiahi dirimu sendiri atau memberikan self reward setelah mengerjakan tugas-tugas tersebut. Ketika kamu sudah mengumpulkan tugas makalah atau berhasil menyelesaikan ujian semester, sekarang waktu yang tepat untuk bermain game atau berkumpul dengan teman-teman kamu.


Itulah beberapa cara untuk membiasakan diri agar tidak menunda-nunda pekerjaan yang boleh kamu coba lakukan agar tugas-tugas anda bisa lebih cepat selesai. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk semua yang yang membacanya. Terima kasih.