Pengertian dan Tahapan-Tahapan Pada Metode Penelitian Heuristik

Kebanyakan mahasiswa yang akan melakukan penelitian pasti bingung dalam hal pemilihan metode penelitian, untuk metode penelitian biasanya dipilih berdasarkan minat dan tema penelitian yang diambil. Apakah kamu akan melakukan sebuah penelitian yang berhubungan dengan sejarah? jika iya, maka kamu pasti akan berkenalan dengan isitlah heuristik. Heuristik dikenal dalam sejarah sebagai salah satu metode penelitian yang berhubungan dengan sejarah.


Misalnya, Mahasiswa dari jurusan sejarah sedang menyusun skripsi dengan mengangkat topik seputar perjalanan kerajaan padjajaran. maka tindakan yang dilakukan tersebut adalah penelitian sejarah yang bisa menggunakan metode penelitian heuristik tadi.

Untuk mereka yang berkecimpung dalam dunia sejarah pastinya sering mendengar istilah tersebut. namun, namun beda dengan mereka yang ternyata baru pertama kali mendengar istilah ini tentunya sangat merasa penasaran, Ada juga yang sudah lama mendengar sejak lama namun belum paham. jika berada di salah satu dari dua kondisi tersebut. maka silahkan menyimak penjelasan berikut.

Secara harfiah, heuristik diambil dari bahasa Yunani yakni dari kata heuriskin yang artinya menemukan. Heuristik secara umum dapat di artikan sebagai seni atau sebuah ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan penemuan baru atau sebuah solusi untuk memecahkan suatu masalah. Dan dalam sumber lain, Heuristik dapat didefinisikan sebagai cara untuk menunjukan pemikiran yang dimiliki oleh seorang untuk bisa memcahkan suatu masalah agar bisa segera tuntas.

Dalam ilmu sejarah, heuristik dikenal juga sebagai metode penelitian sejarah. jadi, heuristik merupakan serangkaian tahapan dalam pengumpulan sumber-sumber dari berbagai jenis data penelitian sejarah yang berkaitan dengan topik riset perihal adat istiadat, sosial budaya, stratifikasi sosial, dan pergaulan pada keseharian melalui observasi, wawancara serta dokumentasi.

Secara sederhana, heuristik adalah sebuah aturan yang sederhana dan efisien yang umum untuk digunakan manusia dan membentuk penilaian terhadap suatu hal yang bisa juga digunakan untuk membuat suatu keputusan.

Sementara dalam ilmu sejarah ada istilah teknik sejarah, teknik sejarah ini bisa juga disebut dengan metode heuristik tadi. melalui penerapan teknik pada heuristik maka seseorang dapat menemukan sesuatu, menyelesaikan suatu permasalahan dan membuat keputusan.

Pengertian Metode Penelitian Heuristik Menurut Para Ahli


Agar bisa lebih memahami lagi apa itu heuristik, maka berikut adalah sejumlah pendapat para ahli yang menjelaskan tentang pengertiannya:

- J. Rainer
Pendapat yang pertama disampaikan oleh J. Rainer. Rainer menjelaskan bahwa heuristik merupakan sebagai sebuah teknik atau sebuah seni dan bukan bagian dari sebuah ilmu. 

Rainer menambahkan bahwa heuristik juga bisa diartikan sebagai sebuah keterampilan yang dapat digunakan untuk menemukan sesuatu, dan juga bisa digunakan untuk mengoreksi kumpulan catatan.
sehingga heuristik merupakan salah satu cara yang bisa diambil seseorang dengan melibatkan keterampilannya untuk menemukan suatu hal yang berhubungan dengan sejarah atau peristiwa yang sudah terlewat.

Keterampilan ini juga bisa membuat seseorang mampu melakukan ulasan pada sebuah bibliografi. sekaligus menemukan, menganalisi, dan juga mengoreksi catatan dari peristiwa yang sudah terlewat.

- Carrad
Pendapat selanjutnya merupakan pendapat dari Carrad yang dimana menjelaskan bahwa heuristik adalah sebuah langkah awal yang bisa digunakan untuk mendapatkan sumber atau asal, data, dan juga materi yang berkaitan dengan sejarah untuk digunakan dalam kegiatan yang akan atau sedang dilakukan.

- Dudung Abdurahman
Dudung Abdurahman lewat dari bukunya yang terbit pada tahun 1990 juga menjelaskan definisi dari heuristik. Menurutnya, heuristik adalah teknik riset yang dipergunakan dalam historiografi melalui keterampilan dalam menemukan, merinci, hingga mengenali terkait topik tertentu dengan mempergunakan catatan-catatan kecil.

- Sjamsudin
yang terakhir ada dari Sjamsudin menurut beliau heuristik adalah langkah awal yang dipergunakan dalam penelitian sejarah untuk mendapatkan data penelitian.
dimasa sekarang, Heuristik identik digunakan untuk kegiatan penelitian. keterampilan ini juga membantu seseorang untuk menemukan data-data penting tentang sejarang yang dinilai relevan dengan topik yang diangkat dalam sebuah penelitian.

Tahapan-tahapan Metode Penelitian Heuristik

Dalam mempelajari sejarah, diperlukan bukti-bukti yang kuat untuk bisa menarik kesimpulan. sebab dengan sejarah ini nantinya akan dikenal luas karena dipublikasikan, maka tidak bisa hanya dengan berdasarkan perkiraan, pendapat, atau juga opini.

Bagi siapa saja yang saat ini atau dalam waktu dengan akan melakukan penelitian tentang sejarah lalu menggunakan metode heuristik. Maka ada beberapa tahapan yang bisa kamu lakukan mengenai metode heuristik, tahapan tersebut adalah:

1. Menentukan Tema atau Judul

Tahapan yang pertama adalah menentukan atau judul dari penelitian sejarah yang dilakukan. tema yang yang diambil tentunya harus berhubungan dengan peristiwa yang bersejarah dan dikatahui oleh publik secara luas.

2. Mencari Sumber Data Sejarah

Setelah tema sejarah ditentukan dalam kegiatan penelitian heuristik maka tahap selanjutnya adalah mencari sumber data sejarah yang jelas. Dimana penentuan sumber sejarah heuristik ini bisa dari sumber lisan, tulisan dan peninggalan sejarah contohnya artefak.

3. Melakukan Kunjungan ke Lokasi Peristiwa

Dalam menemukan sumber sejarah pastinya kamu harus mengunjungi lokasi sejarah. misalnya saat meneliti sejarah kerajaan padjajaran maka perlu datang ke daerah sunda.

4. Mengkaji dan Menganalisis Sejarah

Tahap selanjutnya adalah mengkaji dan menganaisis dar semua sumber yang didapatkan. Kemudian dibahas satu persatu secara sistematis.

5. Menyusun Laporan Hasil Analisis Sumber Sejarah

Tahap yang paling akhir dari metode penelitian heuristik yang pasti menyusun laporan hasil dari penelitian. Yakni dalam berbentuk artikel ilmiah.

Adapun contoh dari penerapan heuristik dalam penelitian adalah menentukan tema penelitian yang berhubungan dengan sejarah.

Demikian pembahasan singkat tentang Pengertian dan Tahaoan-tahapan mengenai metode penelitian heuristik semoga dapat menjadi referensi atau ilmu bagi anda. 



Oleh : Riko Pebrian