Lebih penting magang atau organisasi?

Di dunia kampus sudah tidak asing bagi mahasiswa mengikuti berbagai macam kegiatan. mulai dari organisasi jurusan dan berbagai kepanitiaan event besar serta kegiatan magang. Tentu dalam mengikuti kegiatan kegiatan tersebut, mahasiswa memiliki tujuan untuk mendapatkan hal hal penting seperti hard skill maupun soft skill yang tidak mereka dapatkan di dalam kelas selama perkuliahan. Hal hal penting ini akan bermanfaat nantinya tidak hanya untuk pengembangan karakter pribadi, tapi juga persiapan dan bekal menuju dunia professional setelah lulus kuliah. Banyak jenis kegiatan di dalam kampus maupun di laur kampus yang dapat diikuti oleh mahasiswa dalam rangka mengembangkan hard skill mauun soft skill. Yang paling umum atau yang paling banyak diminati oleh mahasiswa adalah dengan mengikuti organisasi, baik di tingkat jurusan maupun tingkat universitas. Lalu apa saja yang manfaat yang akan didapatkan mahasiswa dengan mengikuti organisasi?

Manfaat organisasi bagi mahasiswa

Dalam organisasi, mahasiswa diberikan kesempatan dan pengalaman untuk bisa membangun relasi. Kegiatan kegiatan tertentu yang dilaksanakan organisasi-organisasi dalam fakultas maupun beda fakultas. Hal ini menjadi salah satu manfaat yang bisa didapatkan oleh mahasiswa yaitu mendapatkan relasi yang nantinya pasti akan berguna baik dalam urusan perkuliahan maupun dunia setelah perkuliahan. Anggota dituntut untuk mengambil keputusan dengan benar, dan memecahkan masalah yang terjadi di lngkup organisasi. Dari hal hal kecil ini, dapat meingkatkan atau membentuk kemampuan leadership mahasiswa kedepannya.

Selain organisasi, dalam mengembangkan softskill maupun hard skill mahasiswa juga melakukan kegiatan magang. Magang merupakan program belajar sekaligus berlatih bekerja dengan cara langsung pada sebuah perusahaan selama beberapa waktu. Perusahaan yang menerima karyawan magang berhak memberi tugas dan wajib memberi bimbingan selama program. Di akhir program, peserta magang akan mendapat penilaian dari pihak perusahaan, terutama dari atasannya langsung. Kegiatan magang tentu memiliki banyak manfaat untuk mahasiswa.
 

Manfaat magang

Pada beberapa bidang studi, ilmu teori yang dipelajari di kampus kadang masih belum cukup. mahasiswa masih perlu belajar bagaimana caranya mengimplementasikan ilmu tersebut ke aktivitas kerja yang nyata dan bermanfaat.     Program magang memberimu kesempatan yang optimal untuk mempelajari hal. Ritme dunia kerja sangatlah jauh berbeda dengan ritme sekolah dan kuliah. Tak     sedikit fresh graduate yang cukup kelabakan beradaptasi pada awal-awal     menjalani pekerjaannya. Program magang memberimu kesempatan untuk     beradaptasi dengan lebih nyaman dan bertahap. Dengan berbagai kegiatan dan manfaat yang berbeda, lantas yang mana yang lebih menguntungkan dan bermanfaat? Magang atau organisasi?
 
Menurut salah satu mahasiswa semester 7 Universitas Sriwijaya Fakultas Kesehatan Masyarakat, Ridhwan Anshori yang tergabung dalam 2 organisasi mahasiswa dan telah mengikuti beberapa rangkaian program magang, menyatakan bahwa keduanya sama penting dalam mengasah kemampuan baik softskill maupun hardskill. Ia mengatakan bahwa bergabunng kepada organisasi dan mengikuti program magang itu seperti simbiosis mutualisme. Nilai dasar dan skill dasar di lingkungan pekerjaan nantinya dibangun di organisasi. Dan magang proses mematangkan skill tersebut dengan langsung terjun ke dunia kerja secara profesional
 
Berbeda dengan pendapat salah satu mahasiswa semester 7 Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, (UPNVJ) yaitu Rifqi Hauzan yang mengatakan bahwa magang lebih penting dibandingkan organisasi. Mahasiswa UPNVJj yang mengikuti organisasi BEM dan telah magang di 4 perusahaan yang berbeda ini mengatakan bahwa magang memberikan pengalaman terjun secara langsung di dunia kerja sehingga dapat langsung membentuk kebiasaan dan merasakan secara langsung bagaimana pembagian kerja, jobdesc, maupun time management secara profesional. Yang mana hal ini tidak didapatkan selama mengikuti organisasi. Kegiatan atau program yang dilakukan hanya sebatas lingkup kampus.
 
Setiap orang memiliki tujuan yang berbeda terhadap apa yang sedang mereka jalani. Begitu pula mangang dan organisasi. Memiliki tujuan dan manfaat yang berbeda. Penting atau tidaknya ditentukan oleh masing masing individu sesuai dengan prioritas dan goals kedepannya. Kalau menurut kamu bagaimana?

Oleh: Zaid anshari