Inilah Alasan Kenapa Kamu Harus Aktif Berorganisasi di Kampus

Sebagai seorang mahasiswa tentu kita tidak boleh menyia-nyiakan waktu kita untuk tidak aktif dalam kegiatan non-akademik. Masa-masa kuliah kita akan terasa kurang lengkap jika hanya di isi dengan kegiatan akademik lalu pulang atau yang biasa disebut mahasiswa Kupu-kupu (Kuliah pulang – kuliah pulang). Mengikuti organisasi maupun komunitas di kampus adalah hal yang tidak boleh dilewatkan sebagai mahasiswa. Dengan mengikuti organisasi kampus banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan. Ha tersebut bukan berarti kita harus mengikuti semua organisasi di kampus ya, pilihlah organisasi yang baik dan positif dan juga yang memiliki visi, misi, maupun tujuan yang sama dengan kita sebagai mahasiswa. Jangan membebankan diri kita untuk mengikuti semua organisasi, karena masih ada kewajiban akademik yang harus kita prioritaskan. Inilah alasan kenapa kamu harus aktif mengikuti organisasi yang ada di Kampusmu :


1. Menambah Wawasan 

Di organisasi, kita akan aktif untuk berkomunikasi maupun berdiskusi. Hal tersebut, dalam mengembangkan pola pikir kita untuk terus berpikir secara rasional, dan banyak ilmu atau hal-hal baru yang akan kita dapatkan. 

2. Menambah Pengalaman sebagai Mahasiswa

Mengikuti organisasi kampus adalah hal yang tidak boleh kita lewatkan. Karena, banyak pembelajaran dan pengalaman yang akan kita dapatkan, yang belum tentu akan kita dapatkan pula di dalam kelas. Seperti, pengalaman menjalankan sebuah acara, pengalaman untuk berdiskusi dengan banyak orang, bertemu dengan banyak orang yang memiliki pemikiran berbeda dengan kita, dan masih banyak lagi. Hal ini tidak boleh kita sia-sia kan sebagai mahasiswa.

3. Membangun Relasi

Saat kita berhasil menjadi bagian dari salah satu organisasi kampus, tentu kita akan bertemu dengan banyak orang baru. Tidak hanya dari program studi yang sama, namun juga berasal dari berbagai program studi hingga fakultas yang berbeda-beda, atau mungkin mitra kerja organisasi kita. Inilah salah satu peluang kita untuk membangun relasi yang baik dengan mereka. Jaga relasi yang sudah kita bangun, karena tidak menutup kemungkinan bahwa mungkin di masa depan relasi kita menjadi salah satu penentu kesuksesan kita.

4. Mengembangkan Kemampuan Public Speaking

Saat ini, kemampuan public speaking atau berbicara di depan umum sudah menjadi suatu hal yang wajib dimiliki setiap orang. Sebagai contoh, saat di kelas kita mungkin banyak melakukan presentasi baik secara individu maupun kelompok. Saat berhadapan dengan orang banyak, di mana tatapan mereka hanya fokus kepada kita, mungkin kita akan merasa malu dan gugup sehingga apa yang sudah kita susun akan hilang begitu saja. Kita dapat mengembangkan kemampuan ini dengan mengikuti organisasi, dengan aktif mengikuti diskusi maupun forum sehingga mampu membuat kita terbiasa untuk berbicara di depan umum.

5. Mengembangkan Kemampuan Berkomunikasi

Tidak kalah penting dengan public speaking, komunikasi yang baik juga dapat membantu kita dalam pekerjaan kita. Dalam organisasi kita akan berlatih untuk berkomunikasi dengan banyak orang, baik dengan sesama rekan kerja organisasi, maupun dengan orang-orang yang memiliki kepentingan dengan organisasi kita. Karena hal tersebut, kita pun harus pandai memaksimalkan kemampuan komunikasi kita, seperti tidak malu bertanya, mencoba aktif dalam memberikan solusi maupun pendapat saat sedang berdiskusi, dan mencoba untuk menerima kritikan yang membangun dan menghargai setiap pendapat orang lain.

6. Melatih Jiwa Kepemimpinan

Setiap individu pasti memiliki sikap kepemimpinan dalam dirinya, karena itulah kita harus mengembangkan jiwa kepemimpinan yang kita miliki. Sikap seorang pemimpin sangat diperlukan dalam dunia kerja. Organisasi kampus dapat menjadi salah satu tempat kita untuk mengembangkan sikap kepemimpinan kita. Dalam berorganisasi, kita akan belajar untuk mampu mengambil keputusan dalam situasi yang sulit, bagaimana menyelesaikan masalah, bertanggung jawab terhadap tugas yang kita miliki dan masih banyak lagi yang dapat kita pelajari dari mengikuti organisasi kampus. Karena menjadi pemimpin bukan hanya harus memimpin orang lain, namun juga harus bisa memimpin dirinya sendiri. 

7. Melatih Manajemen Waktu

Semakin luas pertemanan kita, semakin banyak kegiatan yang kita memiliki, waktu menjadi persoalan utama yang selalu kita miliki. Dalam organisasi, kita akan belajar bagaimana me-manage waktu kita dengan baik dan belajar untuk menghargai waktu. Manajemen waktu yang baik tentu akan berdampak baik bagi kegiatan organisasi yang sudah disusun. Manajemen waktu yang baik kelak akan sangat bermanfaat bagi diri kita, sehingga apa yang telah kita rencanakan dapat berjalan sebagaimana mestinya dan dapat melatih kita untuk menjadi orang yang disiplin. 

Banyak sekali manfaat yang didapatkan dengan mengikuti organisasi maupun komunitas di kampus, ambillah pembelajaran dari sana dan jangan menyia-nyiakan waktu kita di kampus ini untuk tidak mengikuti kegiatan bermanfaat. Tentu sebagai mahasiswa akademik adalah prioritas utama kita, jangan khawatir kesibukan kita menjadi aktivis kampus menghambat kegiatan akademik kita. Selama kita pandai membagi waktu antara akademik dan organisasi dan menjalankan segala sesuatu dengan senang, hal tersebut tidak akan menjadi masalah.

Oleh : Yuliana Puspitasari
Universitas Negeri Jakarta