Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bahas Mengenai Karir Yuk, Biar Gak Bingung!

Sebagai seorang mahasiswa tingkat akhir, yang dikejar dengan pengerjaan skripsi. Tidak jarang, bayangan setelah wisuda terlintas di kepala. Habis selesai kuliah, kerja apa ya? Atau kira-kira mau berkarir di perusahaan yang bergerak di sektor apa ya? Banyak sekali mahasiswa yang kehilangan arah dalam proses pemilihan karir sesuai dengan potensi yang mereka miliki. Sering sekali dapat kita temukan, mahasiswa pada akhirnya berkarir diluar lingkup jurusan yang mereka ambil.
 


Sebagai seorang mahasiswa tingkat akhir sudah seharusnya memiliki skill, knowledge dan pengalaman agar dapat menghadapi persaingan kerja demi kesuksesan karirnya dimasa depan. Tentu dalam memilih sebuah karir, tidak hanya menentukan apa yang akan dilakukan untuk dapat menghasilkan uang. Karir memiliki cangkupan yang lebih luas daripada itu. Karir yang ditempuh dimasa depan, akan sangat mempengaruhi kehidupan seseorang baik dari fisik maupun jiwa.  Bagaiimana jadi kepikiran bukan, pentingnya pemahaman lebih lanjut berkaitan dengan karir? Dibaca sampai selesai yaa, agar tidak ada informasi yang terlewat.

Pengertian Karir

Menurut Moekijat (1990) mengatakan bahwa karir adalah keinginan seseorang dalam sebuah lapangan pekerjaan yang diperolehnya selama ia bekerja atau perkembangan seseorang dalam sebuah lapangan pekerjaan dimana dia masih dalam masa produktif.
 
Adapun menurut Mondy (2010) definisi karir ialah serangkaian perilaku dan sikap yang berkaitan erat dengan pengalaman dan aktifitas kerja selama rentang produktif seseorang. 
 
Karir dapat diartikan sebagai suatu tahap yang akan sangat berpengaruh pada kebahagian hidup manusia. Dengan begitu, kesesuaian dalam memilih serta menentukan keputusan karir menjadi hal yang penting dalam perjalanan hidup manusia. Dan salah satu jenjang dalam pemilihan karir adalah saat mahasiwa telah selesai wisuda, setelah menamatkan pendidikan sarjananya. Namun terkadang sering sekali ditemukan banyak mahasiswa yang masih kebingungan dalam menentukan atau memilih karir yang ingin dicapai. Bahkan tujuan karir yang ingin ditempuh belum terencanakan. Kalo kamu, sudahkah kamu menentukan tujuan karirmu?

Tujuan Karir

Menentukan tujuan karir merupakan sebuah hal dasar yang perlu diperhatikan secara seksama. Mengapa seseorang harus berkerja dan menempuh jenjang karir yang penuh dengan lika-liku di kehidupannya? Penentuan karir tidak bisa terlepas dari kebutuhan hidup seorang manusia mulai dari sandang, pangan dan papan. 
 
Menurut Hadiarni dan Irman (2009) terdapat 5 tujuan karir diantaranya: pemenuhan kebutuhan, tuntutan sosial masyarakat, mencari kepuasan psikologis, status sosial di masyarakat dan pembangunan. Pertama pemenuhan kebutuhan, pemilihan sebuah karir tidak dapat dipisahkan dengan pemenuhan kebutuhan dasar seseorang, sebagaimana yang telah dijelaskan diawal. Kedua tuntutan sosial masyarakat, semakin banyak tuntutan masyarakat yang mereka butuhkan akan melahirkan sebuah peluang karir atau profesi baru. 
 
Ketiga mencari kepuasan psikologis, berkarir dapat memuaskan seseorang atas keingintahuannya terhadap suatu pekerjaan, dapat pula memuaskan dirinya untuk bisa mengeluarkan potensi yang ada dalam dirinya dan sebagainya. Keempat status sosial di masyarakat, melalui perjalanan karir yang ditempuh, seorang individu dapat meningkatkan harkat, martabat dan status sosialnya di masyarakat yang akan meningkatkan kepercayaan dirinya. Kelima pembangunan, dengan berkarir seseorang dapat berkontribusi dalam pembangunan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Bagaimana setelah mengetahui tujuan karir, apakah kamu sudah dapat menentukan karir yang tepat bagi dirimu
 

Penentuan Karir

Menurut Zunker (2006) penentuan karir ialah keterampilan yang wajib dimiliki seseorang semasa hidupnya. Keterampilan yang dimaksud adalah keterampilan yang dapat dipelajari oleh setiap individu.
 
Adapun menurut Flanagan dan Cooley dalam Manrihu (1992) bahwa karir dapat diibaratkan sebagai suatu pohon keputusan yang dilukiskan dengan titik keputusan yang dihadapi oleh seseorang melalui bangku pendidikan sehingga dapat memasuki dunia kerja sebagai suatu tahapan kehidupan dimana berbagai peroblematika dan tanggungjawab yang akan dihadapi.
 
Penentuan karir adalah salah satu keputusan terpenting dalam kehidupan seorang manusia. Penentuan karir juga adalah salah satu aspek dalam kehidupan sosial seseorang yang tidak dapat dihindari yang sangat perlu dipikirkan secara matang. Dalam menentukan sebuah karir, seseorang individu dapat dikatakan matang atau siap untuk membuat keputusan penentuan berkarir, apabila pengetahuan yang dimilikinya untuk membuat keputusan tersebut didukung oleh informasi yang banyak dan kuat mengenai pekerjaan berdasarkan eksplorasi yang telah dilakukan.
 
Dengan begitu pula, penentuan sebuah karir akan membuat seorang individu diharuskan untuk dapat melakukan penyeleksian secara ketat dari berbagai kemungkinan pilihan karir yang sesuai dengan potensi, skill, dan minatnya. Penentuan karir yang telah diambil haruslah dilaksanakan dengan baik, sehingga karir tersebut bisa berkembang semasa hidupnya.
 
Bagaimana apakah kamu yang saat ini yang masih menjadi seorang mahasiswa sudah dapat menentukan karir yang ingin diraih? Semoga pembahasan diatas dapat membuat kamu lebih memahami dalam proses penentuan karir yaa. Mungkin cukup sekian, terimakasih telah membaca sampai akhir. See u!

Penulis: M Farhan Kisnanda – Universitas Dian Nusantara