Manfaat Penelitian Pada BAB 1 Pendahuluan Skripsi / Tesis

Manfaat Penelitian. Dalam membuat atau menciptakan sebuah karya tulis ilmiah, tentu harus penulisannya harus memuat berbagai unsur pada karya tulis ilmiah secara lengkap. Mulai dari judul, pendahuluan, pembahasan, hingga penutup. Di dalam unsur tersebut kembali dirinci berbagai unsur atau sub-bab lainnya yang juga wajib ada dan tercantum di dalam karya tulis ilmiah.

Di dalam pendahuluan, memuat unsur latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian, batasan penelitian, dan juga manfaat penelitian. Artikel kali ini Anda akan mempelajari mengenai manfaat penelitian yang wajib dimuat di bagian pendahuluan. Manfaat penelitian ini biasanya memberi jawaban atau memecahkan masalah yang terjadi selama penelitian.

Pengertian manfaat penelitian secara umum merupakan serangkaian atau kumpulan kegunaan hasil penelitian, baik bagi kepentingan untuk pengembangan program maupun kepentingan ilmu pengetahuan yang dianggap penting untuk dilakukan. Tujuan utama dari dibuatnya manfaat penelitian ini adalah untuk menginformasikan tindakan.

Jenis Manfaat Penelitian

Dalam penulisan manfaat penelitian di dalam karya tulis ilmiah, biasanya ada 2 jenis manfaat penelitian yang akan ditulis berdasarkan bagaimana penggunaannya. Menurut Soekidjo (2010), berikut ini adalah dua jenis manfaat penelitian yang harus dicantumkan di dalam penelitian atau di dalam karya tulis ilmiah.

1. Manfaat Teoretis

Manfaat penelitian secara teoretis artinya manfaat penelitian yang memiliki tujuan dalam hal akademis atau untuk pengembangan ilmu. Artinya, manfaat penelitian secara teoretis ini berguna untuk dapat mengembangkan berbagai ilmu yang telah diteliti dari segi teoretis.

Di dalam manfaat penelitian teoretis ini juga biasanya menggunakan teori yang diolah berdasarkan penelitian atau penulis sebelumnya yang sudah pernah menulis penelitian yang serupa atau relevan. Manfaat penelitian secara teoretis ini memiliki fungsi yaitu menjelaskan apabila ada teori yang digunakan masih relevan untuk penelitian penulis dan relevan secara umum, atau bahkan tidak relevan sama sekali.

Sehingga manfaat teoretis ini menjadi data penting untuk memperkuat atau justru menggugurkan teori yang didapatkan atau digunakan di dalam penyelesaian masalah pada penulisan karya tulis ilmiah dan untuk mengetahui hasil penelitian tersebut.

2.  Manfaat Praktis

Jenis manfaat penelitian yang harus ada juga di dalam manfaat penelitian adalah manfaat praktis. Manfaat praktis ini ditulis berdasarkan bagaimana masalah yang ada di dalam sebuah penelitian tersebut ingin diselesaikan atau dipecahkan.

Artinya, manfaat praktis ini berisi mengenai penjelasan manfaat yang berguna untuk memecahkan masalah yang ada di dalam penelitian tersebut secara praktis. Tentu saja manfaat penelitian secara praktis ini dapat diarahkan kepada lebih dari satu subjek di dalam sebuah penelitian.

Misalnya manfaat praktis untuk mahasiswa yang mengerjakan skripsi atau tesis serupa, civitas akademia yang sedang melakukan penelitian yang sama, dan lain sebagainya. Dengan menggunakan atau berpedoman terhadap manfaat penelitian secara praktis ini, maka subjeknya dapat disesuaikan dengan penelitian yang dilakukan oleh peneliti..