Tutorial Cara Menginstall Mendeley

Tutorial Cara Menginstall Mendeley: “Citation” merupakan elemen penting dalam sebuah penulisan karya ilmiah. Seringkali penulis pemula, pelajar, mahasiswa dan masyarakat akademik pada umumnya, terjebak dalam tindakan plagiasi yang tidak disengaja karena kurang hati-hati dalam membuat sebuah sitiran. Oleh karenanya, keberadaan sebuah perangkat lunak yang berfungsi sebagai “citation & reference manager” adalah sebuah kebutuhan. Dengan perangkat lunak dimaksud, setiap penulis dapat mengidentifikasi kualitas dan keaslian (baca melacak) setiap referensi yang digunakan. Di samping itu dengan “citation & reference manager”, penulis dapat mengolah dokumen referensi yang dimiliki, membuat pengelompokan berdasarkan topik/kategori tertentu, sekaligus me-retrieve metadata yang terdapat di dalam dokumen.



Saat ini banyak sekali bermunculan perangkat lunak “citation & reference manager” yang menawarkan berbagai fitur yang memudahkan penulis maupun dosen pembimbing untuk melacak keaslian referensi yang digunakan oleh mahasiswanya. Salah satu perangkat lunak “citation dan reference manager” yang belakangan ini mencuri perhatian banyak pihak adalah Mendeley.

Mendeley adalah sebuah perangkat lunak yang kelahirannya diilhami oleh sebuah upaya untuk mengintegrasikan “citation & reference manager” ke dalam sebuah jejaring sosial. Dengan jejaring semacam ini, peneliti di berbagai belahan dunia dapat berkolaborasi dan melakukan sharing data penelitian.

Perangkat lunak Mendeley saat ini tersedia dalam 2 (dua) versi, Desktop Edition dan Institutional Edition. Mendeley Desktop Edition (selanjutnya dalam panduan ini akan disebut Mendeley saja) adalah perangkat lunak “citation & reference manager” yang bisa didapatkan secara gratis (tidak berbayar) dan sangat kompatibel dengan program pengolah kata MS Word (2003,2007,2010), Mac Word (2008, 2011), Open Office/Libre Office (3.2), dan Bib Tex.

Beberapa fitur yang menjadi andalan Mendeley antara lain:
  • Dapat berjalan pada MS Windows, Mac, ataupun Linux.
  • Menampilkan metadata dari sebuah file PDF secara otomatis.
  • Backup dan sinkronisasi data dari beberapa komputer dengan akun online.
  • Smart filtering dan tagging.
  • PDF viewer dengan kemampuan anotasi dan highlighting.
  • Impor dokumen dan makalah penelitian dari situs-situs eksternal (misalnya PubMed, Google Scholar, arXiv, dll).
  • Integrasi dengan berbagai perangkat lunak pengolah kata seperti MS Word, Open Office, dan Libre Office.
  • Fitur jejaring sosial.
  • iPhone dan iPad app.
  • Free web storage sebesar 2 GB yang dapat dimanfaatkan sebagai online backup.
Disamping itu, pengaturan dan manajemen file hasil download sangat mudah dilakukan dengan “drag and drop”, sehingga terasa sangat user friendly. Namun demikian bukan berarti Mendeley tidak memiliki kelemahan. Mendeley akan mengunggah semua file yang ada di hard disk lokal ke web site Mendeley, sehingga apabila file-file ini kita dapatkan dari jurnal berbayar seperti ScienceDirect, ProQuest, ClinicalKey tentunya akan sedikit bermasalah khususnya dengan hak akses terhadap file-file tersebut.

Cara Menginstall Mendeley


Proses instalasi Mendeley sangatlah mudah. Langkah-langkah berikut ini memperlihatkan proses instalasi perangkat lunak Mendeley ke dalam komputer.

Membuat Akun Mendeley


a. Jalankan web browser yang Anda gunakan, dan akses laman web http://www.mendeley.com

b. Klik “sign up & download” untuk memulai proses membuat akun Mendeley sekaligus mengunduh perangkat lunaknya. Akun Mendeley juga dapat dibuat menggunakan akun facebook yang Anda miliki.

c. Ketikkan nama depan, nama belakang, dan juga alamat email Anda. Kemudian klik “create free account”.

d. Tahap berikutnya:
  • Choose a password : tuliskan password yang Anda ingin pergunakan.
  • What’s your field of study? : pilih disiplin ilmu yang sesuai dengan minat, misal: medicine
  • What’s your academic status? : pilih status akademik atau profesi Anda.
  • Klik “download mendeley” untuk memulai proses mengunduh aplikasi Mendeley Desktop.

Menginstal Perangkat Lunak Mendeley


  1. Klik dua kali file Mendeley-Desktop-1.8.4-win32 yang telah diunduh. Setup Wizard akan mengarahkan Anda untuk menyelesaikan proses instalasi Mendeley Desktop.
  2. Klik next untuk memulai Setup Wizard.
  3. Klik “I Agree” jika setuju dengan License Agreement yang disodorkan oleh Mendeley.
  4. Klik “Browse” untuk menyesuaikan di folder mana aplikasi akan dipasang. Anda dapat mengabaikan pilihan tersebut dan langsung klik “next” untuk melanjutkan ke tahapan berikutnya.
  5. Klik Install untuk memulai proses instalasi Mendeley Desktop.
  6. Beri tanda centang pada Run Mendeley Desktop dan klik “finish” untuk menyempurnakan proses instalasi.
  7. Sampai disini proses instalasi Mendeley Desktop telah selesai.

Antar muka (interface) Mendeley : My Library

Interface Aplikasi Mendeley Desktop terdiri atas 3 bagian,

  1. Kolom sebelah kiri (left panel), menampilkan seluruh sumber daya (koleksi referensi) yang Anda miliki. My Library terbagi ke dalam folder dan kelompok. Beberapa folder secara otomatis disediakan oleh Mendeley, seperti: “recently added, favorities”.
  2. Kolom tengah (central panel), dipergunakan untuk menampilkan rincian daftar sumber daya referensi yang dipilih pada kolom kiri.
  3. Kolom sebelah kanan (right panel), dipergunakan untuk menampilkan detail informasi dari koleksi terpilih di kolom tengah.

Sedangkan “toolbar” berisi ikon untuk tugas-tugas yang bersifat umum, seperti menambah dan menghapus dokumen, melakukan sinkronisasi dan sebagainya. Anda juga dapat melakukan “drag and drop” maupun “right click”.

Untuk lebih jelasnya silahkan tonton video tutorial cara instal program mendeley berikut