Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana Atur Waktu Dengan Baik, Agar Skripsi Cepat Selesai?

Cara Mengatur waktu yang baik, Agar Skripsi mu Cepat Selesai
Jutaan mahasiswa sudah menyadari, skripsi merupakan beban berat yang harus dilalui mahasiswa demi mendapatkan gelar sarjana saat kamu memutuskan untuk menghabiskan satu semester ke depan untuk menyelesaikannya. Syukur-syukur satu semester sudah kelar ya. Jangan sampai kamu harus ambil tambahan semester, enam bulan lagi! Waktu nambah, biaya pun nambah kan sayang jadinya.

Salah satu tips yang paling efektif agar skripsi kamu cepat kelar adalah dengan membuat timetable atau timeline pengerjaan skripsi. Manajemen waktu sangatlahlah diperlukan saat menyusun skripsi. Setelah menyusun timeline, kamu harus konsisten terhadap rencana-rencana yang siudah kamu buat, ingat jangan leha-leha dan malas-malasan. Skripsi tidak akan selesai jika kamu nya sendiri malas-malasan?

Pada tulisan ini skripsibisa akan memberikan kamu panduan membuat timeline pengerjaan skripsi yang baik dan benar agar skripsi kamu dapat selesai selambat-lambatnya dalam waktu enam bulan atau mungkin bisa kurang dari 6 bulan, tergantung dari semagat kamunya.

Satu Semester Sebelum Pengerjaan Skripsi Dimulai


Seringkali saya melihat konten tips pengerjaan skripsi yang memang saya rasa itu sangat tidak mungkin. Seperti “Tips Mengerjakan Skripsi Hanya Sebulan”, “Tips Mengerjakan Skripsi Hanya Seminggu” bahkan ada yang membuat konten tips mengerjakan skripsi hanya 3 hari!!! Disini saya akan meluruskan terlebih dahulu, idelanya minimal pengerjaan skripsi itu 6 Bulan itupun kalau sudah punya sedikit basic penelitian. Jika kita mulai dari 0 6 Bulan tidaklah cukup waktu untuk mengerjakan skripsi.

Itulah sebabnya kamu harus mempersiapkan diri 1 semester sebelum kamu memutuskan untuk mengambil skripsi. Kenapa?

Mengerjakan skripsi itu tidak hanya sekedar mengetik di depan laptop aja. Buat saya yang sudah pernah merasakan luka liku mengerjaan skripsi, justru persiapan pengerjaan skripsi ini tidak kalah menyusahkan dibanding masa-masa ngerjain skripsinya itu sendiri.

Dapat dikatakan hampir semua mahasiswa tingkat akhir, masih bingung bagaimana memulai menulis skripsi. Tidak ada mahasiswa yang bias mengerjakan skripsi lancer beberapa bulan bias selesai. Sepandai apapun tentu aka nada hal-hal yang perlu diluruskan oleh dosen. Semua butuh persiapan dari jauh-jauh hari, Bisa kita katakana skripsi itu susah-susah gampang. Susah kalau memang tidak ada persiapan, mudah kalau persiapan kita sudah matang.

Agar mempermudah dalam proses pengerjaan skripsi berikut merupakan beberapa hal yang harus kamu persiapkan sebelum menyusun skripsi:

Ambil mata kuliah Metode Penelitian


Saat menjelang semester akhir, sebetulnya mahasiswa akan diberikan mata kuliah-mata kuliah yang berhubungan dengan skripsi seperti Metode Penelitian. Jadi tidak perlu dikhawatirkan lagi yang harus dilakukan adalah ikuti prosesnya, ambil mata kuliah itu dengan baik. Kamu akan dibekali dengan pengetahuan dasar tentang penyusunan skripsi di semester sebelum kamu mengambil mata kuliah skripsi.

Jadi sudah menjadi kewajiban untuk kamu ambil dan ikuti mata kuliah Metode Penelitian sebelum kamu menyususn skripsi. Agar tidak bingung, pada mata kulian metode penelitian ini kamu diajarkan gambaran besar bagaimana melakukan suatu penelitian, mulai dari memilih jenis atau metode penelitian, bentuk penelitian, cara mencari kajian teori, cara menentukan sample dan menarik data, sampai cara bagaimana menganalisa data yang sudah kamu dapatkan dengan teori temuan agar kamu bisa menarik kesimpulan. Terlihat susah? Tidak juga kalau sudah dijalanin, dijamin kamu akan paham.

Sering-sering mengunjungi perpustakaan


Hanya sebagian mahasiswa yang sering mengunjungi perpustakaan. Mungkin kamu jarang sekali mengunjungi perpus karena kamu bingung mau ngapain dan tidak punya maksud dan tujuan untuk mengunjunginya. Nah, di semester-semseter akhir seperti ini, lebih baik kamu sering mengunjungi perpustakaan untuk mencari referensi penelitian kamu agar kamu bisa mendapatkan pencerahan untuk skripsimu.

Coba, deh, pinjem beberapa skripsi milik seniormu di perpus untuk kamu baca-baca dan analisa. Selain bisa membantu kamu untuk menemukan skripsi yang menarik, kamu juga bisa membandingkan kajian pustakan dan metode penenilitan yang digunakan di skripsi tersebut sebagai acuan.

Ikut bedah jurnal atau sering-sering baca jurnal dan pelajari


Biasanya, dosen-dosen khususnya dosen senior akan sering melakukan bedah jurnal di mata kuliah seminar penelitan. Nah, sangat rugi apabila kamu tidak mengikuti kesempatan ini di semester sebelum kamu mengambil skripsi.

Apabila kamu terbiasa mengikuti bedah jurnal, kamu akan semakin mengerti bagaimana alur suatu penelitian yang harus dilakukan. Kamu bisa membedakan penelitian mana yang harus menggunakan metode kualitatif ataupun kuantitatif, atau penelitian yang membutuhkan banyak sampel, dan sebagainya. Apabila kamu sudah menguasai pengetahuan seperti ini, saya yakin kamu akan lebih lancer dalam menyusun skripsi.

Mulai incar calon dosen pembimbing

Jika kampus kamu termasuk kampus yang memperbolehkan mahasiswanya untuk memilih dosen pembimbingnya  sendiri, kamu harus bersyukur bersyukur. Karena kamu dapat menyesuaikan diri dengan karakteristik calon dosen pembimbing kamu tanpa harus makan waktu banyak untuk pendekatan diri terlebih dahulu. Percayalah, pendekatan dengan calon dosen pembimbing itu akan memperlancar ketika kamu menyusun skripsi nanti.

Ini merupakan tips agar kamu dapat nyaman saat bimbingan dengan dosen pembimbing kamu, begitupun sebaliknya dosen pembimbing kamu pun merasa nyaman membimbing kamu. Kamu harus memilih dosen pembimbing yang sejalan dengan matakuliah yang diampu misalnya topik penelitian kamu tentang pemasaran maka cari dosen pembimbing yang pernah mengajar pemasaran.

Persiapkan proposal penelitian


Saat akan melakukan penelitia skripsi, tentu hal pertama yang harus dilakukan adalah mengajukan proposal penelitian. Sederhananya, proposal penelitian merupakan rancangan penelitian yang akan kamu ajukan (BAB 1 sampai dengan BAB 3); kamu bisa melanjutkan tahap selanjutnya, yaitu menyusun skripsi setelah proposal penelitian kamu di setujui. Karena memang mencari topik skripsi yang menarik itu tidaklah mudah, maka dari itu baiknya kamu membuat proposal penelitian jauh-jauh hari dan di ajukan ke pihak akademik kampus.

Jika kamu sudah paham mengenai apa yang akan kamu teliti dan bagaimana rancangan penelitian kamu, kamu tidak akan kesulitan saat melakukan penelitian khususnya saat menyusun proposal penelitian kamu. Yang perlu dituliskan dalam proposal penelitian adalah latar belakang singkat, rumusan masalah, dan metode penelitian apa yang akan kamu gunakan.

Tips jika kamu tidak yakin dengan topik kamu akan diterima, buatlah 2 sampai 3 proposal penelitian dengan topik yang berbeda. Jadi, apabila dosen pembimbing kamu kurang setujig dengan topik awalmu, kamu tinggal ajukan lagi topik yang kedua tanpa perlu pusing-pusing lagi untuk cari topik baru.!


Timeline di Semester Pengambilan Skripsi

Berikut ini merupakan gambaran Timeline di Semester Pengambilan Skripsi yang harus kamu lakukan setiap bulannya agar skripsi kamu segera kelar

Bulan ke- 1

  • Mengumpulkan berkas dan kelengkapan untuk pengerjaan skripsi
  • Mengajukan proposal penelitian ke sub bagian akademik untuk perihal administrasi dan ke calon dosen pembimbing untuk meminta persetujuan topik atau judul skripsi
  • Mengkonsultasikan jadwal bimbingan dengan dosen pembimbing. Jangan lupa jadwalkan bimbingan rutin untuk kedepannya dan apa saja yang harus kamu persiapkan untuk mengikuti bimbingan sesuai dengan aturan beliau
  • Mulai mengerjakan Bab 1 yang isinya: Latar Belakang, Rumusan Masalah, Tujuan Penelitian, dan Manfaat Penelitian
  • Bimbingan rutin
  • Revisi

Bulan ke - 2

  • Rampungkan Bab 1 sampai tidak ada revisian lagi
  • Mulai mengerjakan Bab 2 yang isinya: Kajian Pustaka, Kerangka Pemikiran, dan Hipotesis
  • Bimbingan rutin
  • Revisi (jika ada)

Bulan ke - 3

  • Rampungkan Bab 2 sampai tidak ada revisian lagi
  • Mulai mengerjakan Bab 3 yang isinya: Metode Penelitian yang Digunakan, Operasionalisasi Variabel, Sumber dan Cara Penentuan Data, Teknik Pengumpulan Data, dan Rancangan Analisis Data
  • Rampungkan Bab 3 sampai tidak ada revisian lagi
  • Bimbingan rutin
  • Revisi (jika ada)
  • Persiapan sidang usulan penelitian/sidang proposal

Bulan ke- 4

  • Revisi bab 1-3 (jika ada)
  • Mulai kumpulkan data. Jika penelitianmu kualitatif, kamu sudah harus mulai mewawancarai narasumber yang dibutuhkan. Jika penelitianmu kuantitatif, kamu sudah harus mulai menyebar kuesioner
  • Jika kamu menggunakan penelitian kuantitatif dan data yang dibutuhkan sudah terkumpul, kamu juga sudah bisa mengolah data yang kamu dapatkan dengan aplikasi pengolah data tertentu
  • Bimbingan rutin

Bulan ke - 5

  • Mulai mengerjakan Bab 4 yang isinya: Hasil pengolahan Data, Analisis Pengolahan Data, dan Pengujian Hipotesis
  • Mulai mengerjakan Bab 5 yang isinya: Kesimpulan dan Saran
  • Bimbingan rutin
  • Revisi (jika ada)

Bulan ke - 6

  • Mempersiapkan administrasi yang diperlukan untuk mengikuti Sidang Akhir, salah satunya adalah tanda tangan persetujuan dari dosbing.
  • Revisi akhir (jika ada)
  • Mengumpulkan berkas dan kelengkapan bukti penyelesaian skripsi + menyerahkan hardcopy dan softcopy skripsi

Post a Comment for "Bagaimana Atur Waktu Dengan Baik, Agar Skripsi Cepat Selesai?"