Tutorial Cara Melakukan Uji beda rata-rata One Way Anova

One Way Anova atau analisis varian satu jalur digunakan untuk menguji perbedaan rata-rata tiga atau lebih kelompok data independen.

Seorang mahasiswa jurusan manajemen meneliti apakah ada perbedaan nilai statistik antara jurusan Manajemen, Akuntansi dan Administrasi Bisnis. Sample yang digunakan sebanyak 20 siswa. Data yang didapat adalah sebagai berikut:



  • Buka program SPSS, klik variable view. Selanjutnya isikan seperti gambar di bawah ini.

  • Isikan data yang tersedia, setelah data diisi selanjutnya klik Analyzed >> Compare Means >> One Way ANOVA.

  • Selanjutnya akan muncul kotak dialog One-Way Anova, kemudian masukan Nilai Statistik ke kotak Dependent List dan Jurusan Ke kotak Factor.

  • Karena akan dilakukan uji deskriptif dan Homogenitas maka klik tombol option pastikan beri tanda ceklist pada Descriptive dan Homogenety of variance test.

  • Klik continue kemudian klik OK.


Untuk penjelasan table Descriptive dan Homogenety of variance test sudah dijelaskan pada postingan sebelumnya.

Output ANOVA
Dilihat dari hasil output di atas, diketahui bahwa F hitung = 0,111 sedangkan F table pada tingkat sig 0,05 df (20-3=17) adalah 3,592.


Berdasarkan Uji F
Jika F hitung ≤ F table maka tidak ada perbedaan
Jika F hitung > F table maka terdapat perbedaan
Dikarenakan F hitung < t table (0,111 < 3,592) maka dapat disimpulkan tidak ada perbedaan nilai statistik pada setiap jurusan.

Berdasarkan Sig
Jika nilai Sig > 0,05 maka tidak ada perbedaan.
Jika nilai Sig < 0,05 maka ada perbedaan.
Diketahui bahwa nilai Sig > 0,05 (0,896 > 0,05), maka dapat disimpulkan tidak ada perbedaan nilai statistik pada setiap jurusan.