Seperti apa proposal skripsi yang baik dan berkualitas? Simak Penjelasannya!

Skripsi adalah salah karya ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa tingkat akhir untuk memperoleh gelar sarjana. Hal ini menjadi penentu kelulusan mahasiswa untuk memperoleh gelar sarjana. Mahasiswa tidak boleh menganggap remeh skripsi. Dalam proses pembuatan skripsi, tentu ada tahapa-tahapan yang perlu dilalui oleh mahasiswa tingkat akhir. Setiap tahapan ini perlu diikuti dan dikerjakan dengan baik.



Tahapan awal dalam proses pembuatan skripsi biasanya dengan menemukan fenomena dan masalah yang ada untuk diangkat menjadi sebuah judul skripsi. Kemudian mahasiswa tingkat akhir akan disuruh untuk membuat proposal skripsi yang terdiri dari BAB 1 sampai dengan BAB 3
Lalu bagaimanakan ciri-ciri proposal skripsi yang baik? Berikut akan dijelaskan point-point apa saja yang harus dipenuhi agar proposal skripsi ini layak dan berkualitas

Latar Belakang Penelitian yang Jelas

Dalam melakukan penelitian, tentu ada hal yang mendasar mengapa penelitian itu dilakukan. Penelitian harus diangkat dari suatu masalah dan fenomena yang terjadi. Karena itu adalah hal yang melatar belakangi penelitian kalian. Apa yang akan diteliti? Sajikan fakta dan data mengenai fenomena dan masalah yang akan diangkat. Jangan menuliskan hal yang “katanya” dan tidak jelas. Gunakan data-data yang relavan dengan fenomena dan masalah yang diangkat. Setelah kita menemukan fenomeda dan masalah yang akan diteliti kemudian kita harus merumuskan masalah dengan jelas agar tau apa tujuan penelitian yang akan dilakukan.

Terdapat Jurnal-jurnal Pendukung

Penelitian tidak pernah terlepas dari yang Namanya referensi. Artikel atau jurnal yang digunakan akan menjadi guidline kita saat menyususn skripsi. Jurnal-jurnal penelitian yang relavan yang akan kita gunakan adalah sebagai dasar saat kita akan membuat suatu kerangka pemikiran. Maka dari itu carilah jurnal-jurnal yang relavan dan terpercaya lebih bagus lagi jurnal internasional. Selain itu gunakan jurnal yang terbaru. Hal ini dikarenakan isu-isu yang diangat merupakan isu terbaru dan teori yang digunakan adalah teori terupdate.

Metode Penelitian yang sesuai
Langkah berikutnya adalah tentukan metode penelitian yang tepat yang sesuai dengan penelitian kita. Salah menentukan metode penelitian tentunya hansinya pun akan salah. Pastikan kita memahami pendekatan dan jenis data yang digunakan. Apakah kita gunakan kualitatif atau kuantitatif.
Pilih metode penelitian yang tepat dan sesuai. Jangan salah menggunakan metode penelitian. Disini kita bias konsultasi inten dengan pembimbing atau perbanyak baca dan pelajari metodelogi penelitian.

Kerapihan Penulisan dan Daftar Pustaka
Jangan dianggap remeh kerapihan penulisan. Jangan sampai dosen pembimbing kita terkuras waktu hanya mengkoreksi kesalahan format penulisan. Harusnya dosen pembimbing bias membimbing kita ke konten skripsi. Mengenai format penulisan, setia kampus pasti memberikan satu buku panduan pedoman penulisan skripsi. Pelajari dan ikuti sesuai pedoman penulisan. Hal ini jangan sampai ditinggalkan. Perhatikan juga penulisan yang sesuai dengan kaidah Bahasa Indonsia yang baik dan benar. Kita bias minta bantuan teman untuk saling mengkoreksi khususnya dalam penulisan. Cek detail agar tidak ada kesalahan. Biasanya saat dosen atau penguji melihat skripsi kita penulisannya tidak sesuai, mereka akan malas untuk baca isi skripsi kita meskiun skripsi kita sangat bagus. Jadi jangan sekali-kali remehkan kerapihan penulisan.

Selain itu, daftar referensi harus ditulis benar sesuai pedoman yang ada. Untuk meminimalisir kesalahan penulisan, baiknya kita gunakan menu reference yang sudah disediakan oleh Microsoft word atau kita gunakan aplikasi untuk bantu buatkan daftar pustaka seperti Mendeley.