Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perhatikan Hal-hal berikut ini Agar Skripsi Dapat Selesai Tepat Waktu

Banyak mahasiswa yang menginginkan bagaimana skripsi agar selesai dengan cepat. Saya katakan disini tidak ada sesuatu yang instan apalagi dengan namanya skripsi yang merupakan suatu karya ilmiah yang harus dpertanggung jawabkan. Kata "cepat" ini relatif. Percuma cepat tapi skripsi ancur. Percuma cepat namun akhirnya harus ngulang. Skripsi itu tidak harus cepat selesai tapi harus tepat waktu! tergantung bagaimana kita mengaturnya dan tergantung kapan kita mau menyelesaikannya, Cepat tapi selamat! berikut ini merupakan hal-hal yang harus diperhatikan agar skripsi dapat selesai tepat waktu:

Siapkan Diri. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan diri Anda sendiri. Dimulai dari niat yang kuat, niatkan dengan sungguh kepada Tuhan bahwa Anda ingin menulis skripsi. Niatkan selesainya lulus harus membuat orang tua dan orang-orang sekitar merasa bahagia. Persiapkan segalanya dengan baik. Lakukan dengan penuh kesungguhan dan harus ada "kesediaan untuk menghadapi tantangan/hambatan seberat apapun".

Minta Doa Restu Orang Tua. Saya sangat yakin dan percaya bahwa doa restu orang tua merupakan faktor penentu kesuksesan dalam hal apapun termasuk saat kita akan menyusun skripsi. Kalau Anda masih tinggal bersama orang tua, mintalah support dan pengertian kepada mereka dan anggota keluarga lainnya bahwa selama beberapa waktu ke depan Anda akan konsentrasi untuk menulis skripsi. Kalau Anda tinggal di kos, minta pengertian keada teman-teman lain. Jangan lupa juga untuk membuat komitmen dengan pacar (jika anda punya pacar). Berantem dengan pacar (walau sepele) bisa menjatuhkan semangat untuk menyelesaikan skripsi.



Buat Time Table (Jadwal yang jelas). Ini penting agar penulisan skripsi tidak telalu banyak mengeluarkan waktu time-consuming. Buat rencana yang jelas mengenai kapan Anda mencari referensi, kapan Anda harus mendapatkan judul, kapan Anda melakukan bimbingan/konsultasi, juga target waktu kapan skripsi harus sudah benar-benar selesai. Tuliskan rencana-rencana atersebut lalu buat skala prioritas mana yang harus dilakukan terlebih dahulu. KOnsisten lakukan sesuai dengan rencana yang anda buat

Berdayakan Internet. Kecanggihan teknologi saat ini sangat membantu. Internet memang membuat kita lebih produktif. Manfaatkan untuk mencari referensi secara cepat dan tepat untuk mendukung skripsi Anda. Bahan-bahan aktual bisa ditemukan lewat Google Scholar atau melalui provider-provider komersial seperti EBSCO atau ProQuest.

Jadilah Proaktif. Dosen pembimbing memang “bertugas” membimbing Anda. Akan tetapi, Anda tidak selalu bisa menggantungkan segalanya pada dosen pembimbing. Selalu bersikaplah proaktif. Mulai dari mencari topik, mengumpulkan bahan, “mengejar” untuk bimbingan, dan seterusnya.

Be Flexible. Skripsi mempunyai tingkat “ketidakpastian” tinggi. Bisa saja skripsi anda sudah setengah jalan tetapi dosen pembimbing meminta Anda untuk mengganti topik. Tidak jarang dosen Anda tiba-tiba membatalkan janji untuk bimbingan pada waktu yang sudah disepakati sebelumnya. Terkadang Anda merasa bahwa kesimpulan/penelitian Anda sudah benar, tetapi dosen Anda merasa sebaliknya. Jadi, tetaplah fleksibel dan tidak usah merasa sakit hati dengan hal-hal yang demikian itu.

Jujur. Sebaiknya jangan menggunakan jasa “pihak ketiga” yang akan membantu membuatkan skripsi untuk Anda atau menolong dalam mengolah data. Skripsi adalah buah tangan Anda sendiri. Kalau dalam perjalanannya Anda benar-benar tidak tahu atau menghadapi kesulitan besar, sampaikan saja kepada dosen pembimbing Anda. Kalau disampaikan dengan tulus, pastilah dengan senang hati ia akan membantu Anda.

Siapkan Duit. Skripsi jelas menghabiskan dana yang cukup lumayan (dengan asumsi tidak ada sponsorships). Mulai dari akses internet, biaya cetak mencetak, ongkos kirim kuesioner, ongkos untuk membeli suvenir bagi responden penelitian, biaya transportasi menuju tempat responden, dan sebagainya. Jangan sampai penulisan skripsi macet hanya karena kehabisan dana. Ironis kan?