Analisis Regresi Variabel Dummy Dengan SPSS

Analisis Regresi Variabel Dummy Dengan SPSS : Pada kesempatan kali ini, kami akan jelaskan mengenai variabel dummy dan bagaimana cara menganalisisnya dengan menggunakan SPSS. Disini akan ditunjukan tutorial analisis regresi variabel dummy melalui penjelasan video di bawah penjelasan tertulis di artikel ini. silahkan disimak dan semoga bermanfaat


Pengertian Variabel Dummy

Variabel dummy adalah variabel yang digunakan untuk mengkuantitatifkan variabel yang bersifat kualitatif (misal: jenis kelamin, ras, agama, perubahan kebijakan pemerintah, perbedaan situasi dan lain-lain). Variabel dummy merupakan variabel yang bersifat kategorikal yang diduga mempunyai pengaruh terhadap variabel yang bersifat kontinue. Variabel dummy sering juga disebut variabel binary, kategorik atau dikotom. Variabel dummy hanya mempunyai 2 (dua) nilai yaitu 1 dan nilai 0, serta diberi simbol D. Dummy memiliki nilai 1 (D=1) untuk salah satu kategori dan nol (D=0) untuk kategori yang lain.

D = 1 untuk suatu kategori (laki- laki, kulit putih, sarjana dan sebagainya).
D = 0 untuk kategori yang lain (perempuan, kulit berwarna, non-sarjana dan sebagainya).

Nilai 0 biasanya menunjukkan kelompok yang tidak mendapat sebuah perlakuan dan 1 menunjukkan kelompok yang mendapat perlakuan. Dalam regresi berganda, aplikasinya bisa berupa perbedaan jenis kelamin (1 = laki-laki, 0 = perempuan), ras (1 = kulit putih, 0 = kulit berwarna), pendidikan (1 = sarjana, 0 = non-sarjana).

Pada dasarnya analisi regresi sendiri dilakukan untuk mengetahui pengaruh antara variabel bebas dan terikat. Data yang digunakan biasanya berskala interval. Variabel bebas dan terikat keduanya menggukan data kuantitatif. Sementara analisis regeresi variabel dummy data yang digunakan untuk variabel bebas adalah kualitatif dan data yang digunakan untuk variabel terikat adalah data kuantitatif.

Untuk lebih jelasnya, teman-teman bisa langsung simak penjelasan video dan tutorial regresi dengan variabel dummy menggunakan aplikasi SPSSS :